Kompas.com - 02/02/2017, 16:22 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden AS Donald Trump memicu sebuah masalah diplomatik baru, kali ini dengan Australia.

Masalah itu muncul setelah Trump menyebut kebijakan AS terkait masalah pengungsi dengan Australia adalah sebuah keputusan bodoh.

Pernyataan ini muncul beberapa hari setelah Trump menggelar pembicaraan telepon yang panas dengan PM Australia, Malcolm Turnbull.

Dalam pembicaraan telepon yang terjadi pada Sabtu (28/1/2017), Trump mengatakan, dia sudah berbicara dengan empat kepala negara.

"Ini adalah pembicaraan terburuk," ujar Trump kepada Turnbull.

Trump, yang mengecam kebijakan Australia terkait pengungsi, menyudahi pembicaraan itu setelah 25 menit. Padahal, pembicaraan itu dijadwalkan berlangsung selama satu jam.

Pembicaraan telepon itu jauh lebih singkat ketimbang saat berbicara dengan PM Shinzo Abe dari Jepang, Kanselir Angela Merkel, Presiden Francois Hollande atau Presiden Vladimir Putin.

Namun, Pemerintah Australia membantah pembicaraan Trump dan Turnbull memanas dan menyebut pembicaraan kedua pemimpin itu sangat hangat meski mengakui lebih pendek dari yang diperkirakan.

Dalam pembicaraan itu, Turnbull hendak menanyakan apakah Trump akan melanjutkan kesepakatan yang diteken pemerintahan Barack Obama yang menyatakan AS akan menerima 1.250 pengungsi yang kini berada di kamp-kamp penampungan di Australia.

"Ini adalah kesepakatan terburuk yang pernah dibuat," ujar Trump seperti dikutip harian The Washington Post.

Halaman:
Sumber Telegraph
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.