Kompas.com - 26/01/2017, 10:40 WIB
EditorErvan Hardoko

LONDON, KOMPAS.com — Seorang pembelot Korea Utara paling senior mengatakan, Kim Jong Un akan menembakkan bom nuklir ke Los Angeles jika merasa pemerintahannya terancam.

Hal ini disampaikan Thae Yong Ho, mantan Wakil Duta Besar Korea Utara di London dalam acara Victorua Derbyshire Show yang disiarkan BBC.

Saat ditanya apakah Kim Jong Un tetap akan melakukan hal itu meski mengetahui menyerang AS akan berarti kehancuran negerinya, Yong Ho hanya mengiyakan.

Sebelumnya, Thae Yong Ho mengatakan rezim Kim Jong Un akan mencoba menyelesaikan pengembangan senjata nuklir pada akhir 2017.

"Kim tak akan berhenti meski dia dijanjikan uang triliunan dollar AS untuk menghentikan program nuklirnya," kata Thae Yong Ho.

"Kim Jong Un tahu betul bahwa hanya senjata nuklir yang menjamin pemerintahannya. Jika merasa akan kehilangan kekuasaannya, dia akan melakukan itu," kata Thae.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump telah mengumumkan pengembangan sebuah sistem pertahanan untuk menangkis serangan Iran dan Korea Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.