Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Petugas Sipil dan Dua Polisi Tewas Saat Tangani Kebakaran Hutan Cile

Kompas.com - 26/01/2017, 09:30 WIB

SANTIAGO, KOMPAS.com – Enam orang, yakni empat petugas kebakaran dan dua polisi, tewas saat berusaha memadamkan kebakaran yang luas di kawasan hutan di Cile tengah, kata pejabat pada Rabu (25/1/2017).

"Sekarang saya bisa mengabarkan secara resmi, ada dua korban tewas lainnya yakni petugas pemadam kebakaran Cile ditemukan di Sungai Maule," kata Menteri Dalam Negeri, Mario Fernandez.

Kantor berita Agence France-Presse, Kamis (26/1/2017), penemuan dua korban tewas itu mengoreksi jumlah korban tewas sebelumnya menjadi enam orang.

Serangkaian kebakaran hebat telah melanda sekitar 190.000 hektar hutan, kata National Forestry Corporation – isnstitusi pengelola kawasan hutan Cile – dalam sebuah pernyataan.

Penduduk setempat yang panik telah bergabung dalam usaha mengendalikan kebakaran demi menyelamatkan rumah, binatang peliharaan, dan lahan pertanian mereka.

President Michelle Bachelet, Selasa (24/1/2017), memerintahkan perlunya dukungan dana ekstra untuk operasi pemadaman kebakaran yang disebutnya sebagai kebakaran terburuk yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sedikitnya 4.000 orang telah dievakuasi, kata Kantor Darurat Nasional, Selasa (24/1/2017).

Kebakaran telah melanda daerah-daerah pedesaan di beberapa wilayah di Cile tengah, yakni O'Higgins dan El Maule.

AS telah mengirim bantuan 100.000 dollar, sedangkan Perancis dan Meksiko telah mengirimkan regu penolong untuk membantu petugas pemadam kebakaran lokal.

Kebakaran merupakan hal yang sering terjadi di kawasan gersang di Cile selama musim panas di belahan bumi bagian selatan Amerika itu. Umumnya dipicu oleh kegiatan manusia.

Namun, kebakaran tahun ini dianggap lebih buruk karena kekeringan disebabkan oleh perubahan iklim yang berdampak buruk pada kerusakan lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com