Kompas.com - 26/01/2017, 09:30 WIB
EditorPascal S Bin Saju

SANTIAGO, KOMPAS.com – Enam orang, yakni empat petugas kebakaran dan dua polisi, tewas saat berusaha memadamkan kebakaran yang luas di kawasan hutan di Cile tengah, kata pejabat pada Rabu (25/1/2017).

"Sekarang saya bisa mengabarkan secara resmi, ada dua korban tewas lainnya yakni petugas pemadam kebakaran Cile ditemukan di Sungai Maule," kata Menteri Dalam Negeri, Mario Fernandez.

Kantor berita Agence France-Presse, Kamis (26/1/2017), penemuan dua korban tewas itu mengoreksi jumlah korban tewas sebelumnya menjadi enam orang.

Serangkaian kebakaran hebat telah melanda sekitar 190.000 hektar hutan, kata National Forestry Corporation – isnstitusi pengelola kawasan hutan Cile – dalam sebuah pernyataan.

Penduduk setempat yang panik telah bergabung dalam usaha mengendalikan kebakaran demi menyelamatkan rumah, binatang peliharaan, dan lahan pertanian mereka.

President Michelle Bachelet, Selasa (24/1/2017), memerintahkan perlunya dukungan dana ekstra untuk operasi pemadaman kebakaran yang disebutnya sebagai kebakaran terburuk yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sedikitnya 4.000 orang telah dievakuasi, kata Kantor Darurat Nasional, Selasa (24/1/2017).

Kebakaran telah melanda daerah-daerah pedesaan di beberapa wilayah di Cile tengah, yakni O'Higgins dan El Maule.

AS telah mengirim bantuan 100.000 dollar, sedangkan Perancis dan Meksiko telah mengirimkan regu penolong untuk membantu petugas pemadam kebakaran lokal.

Kebakaran merupakan hal yang sering terjadi di kawasan gersang di Cile selama musim panas di belahan bumi bagian selatan Amerika itu. Umumnya dipicu oleh kegiatan manusia.

Namun, kebakaran tahun ini dianggap lebih buruk karena kekeringan disebabkan oleh perubahan iklim yang berdampak buruk pada kerusakan lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.