Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Teroris Al-Shabab di Hotel Mogadishu Renggut 28 Nyawa

Kompas.com - 25/01/2017, 22:34 WIB

MOGADISHU, KOMPAS.com - Sebanyak 28 orang tewas dalam serangan yang dilakukan teroris Al-Shabab di sebuah hotel di Mogadishu, Somalia, Rabu (25/1/2017).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, serangan pasukan bersenjata itu diawali dengan sebuah ledakan bom mobil yang menghancurkan gerbang Hotel Dayah.

Hotel Dayah adalah hotel populer di kota itu. Banyak anggota parlemen, pejabat pemerintah, serta pengusaha yang biasa menggunakan hotel tersebut.

Beberapa saat jeda, bom kedua meledak di lokasi yang sama. Hal itu menyebabkan sejumlah petugas penyelamat, termasuk para wartawan yang telah bergerak ke lokasi itu menjadi korban.

Baca: Sudah Ada 7 Korban Tewas di Hotel Dayah, 4 Jurnalis Pun Terluka

The National Union of Somali Journalists (NUSOJ) menyebutkan, ledakan kedua terjadi setelah sejumlah ambulan dan jurnalis mendekat ke lokasi.

Kantor berita AFP pun memberitakan, salah satu jurufotonya mengalami luka akibat ledakan bom tersebut. Sementara wartawan lain yang terluka berasal dari AP dan Al-Jazeera.

Petugas keamanan menyebutkan setidaknya ada empat orang bersenjata yang masuk ke hotel pasca ledakan.

Mereka terlibat baku tembak dengan aparat keamanan. Para teroris terlah tertembak mati sebelum berhasil mencapai ruang utama di hotel, tempat di mana para tamu berkumpul.

Para teroris yang tewas itu tak dihitung sebagai bagian dari 28 korban yang tewas tersebut.

"Jumlah korban tewas dalam kejadian ini mencapai 28 orang," kata Kepala layanan ambulan setempat, Abukadir Abdirahman Adem.

"Ada 43 yang terluka. Jumlah itu yang dapat kami konfirmasi, sebab kabarnya ada ambulan lain yang juga menyelamatkan korban, kami tak tahu berapa," kata dia. 

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Somalia Abdirisak Omar Mohamed mengungkapkan ada 10 orang yang tewas dan 51 korban luka dalam serangan kelompok yang berafiliasi dengan grup teroris Al Qaida itu. 

Baca: Teroris Ledakkan Gerbang Hotel, Menerobos Masuk, dan Tembaki Para Tamu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com