Kompas.com - 25/01/2017, 18:15 WIB
EditorErvan Hardoko

KOMPAS.com - Denmark dan Selandia Baru menempati dua tempat teratas negara paling bersih dari korupsi 2016 yang dirilis Transparansi Internasional.

Sementara di posisi lima besar negara paling bersih dari korupsi ditempati Finlandia, Swedia, dan Swiss.

Untuk benua Asia, Singapura menjadi negara paling bersih dengan menempati peringkat ketujuh.

Di posisi kedua untuk benua Asia ditempati Hongkong (15), disusul Jepang (20), dan Uni Emirat Arab (24), bersama Chile, dan Bahama.

Yang cukup mengejutkan adalah Bhutan. Negeri kecil di Himalaya itu menempati peringkat 27 dunia negara paling bersih dari korupsi.

Bagaimana dengan Indonesia? Tahun lalu Transparansi Internasional menempatkan Indonesia di peringkat ke-90 dari 176 negara yang disurvei.

Indonesia berada di bawah Malaysia yang berada di peringkat 55, tetapi berada di atas Thailand (101), Myanmar (136), Laos (123), Kamboja (156), Vietnam (113), serta Timor Leste dan Filipina (101).

Presiden Transparansi Internasional Jose Ugaz mengatakan, negara-negara dengan pemerintahan otokratik menjadi tempat di mana persepsi korupsi meningkat.

Jose mengambil contoh Turki, di mana Presiden Recep Tayyip Erdogan tengah berupaya memperkokoh kekuasaannya.

Berdasarkan hasil survei Transparansi, Turki secara keseluruhan mendapatkan nilai 41 dalam skala CPI (indeks persepsi korupsi) dan menempati peringkat ke-75.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.