Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipamerkan, Foto Terbaru "Awan Jamur" dari Ledakan Bom Atom Hiroshima

Kompas.com - 25/01/2017, 17:39 WIB

HIROSHIMA, KOMPAS.com - Hiroshima Peace Memorial Museum memamerkan sebuah foto baru bergambar awan jamur (mushroom cloud), yang disebabkan oleh ledakan bom atom Amerika Serikat di Hiroshima, Jepang pada tahun 1945.

Foto tersebut diabadikan dari ruang kabin pesawat B29 Enola Gay setelah pesawat tersebut menjatuhkan muatan bom atomnya, pada 6 Agustus 1945.

Foto terbaru yang dipamerkan kepada publik pada Selasa (24/1/2017) itu selama ini tersimpan di perpustakaan kongres AS di Washington.

Selanjutnya, foto ini akan disandingkan dengan dua gambar awan jamur sejenis yang sudah ada di Museum Hiroshima.

“Gambar baru ini mungkin akan membantu kami melakukan analisa terkait pergerakan awan jamur setelah ledakan," ungkap otoritas museum seperti dikutip laman Asahi Shimbun. 

Disebutkan, foto tersebut terlihat seperti diambil dari bagian bawah jendela pesawat. Gumpalan asap besar berbentuk jamur mengudara di tengah Kota Hiroshima. 

Awan besar terlihat dalam dua bagian, dengan perpecahan horisontal. Perpecahan terlihat seketika setelah bom atom itu meledak.

Berdasarkan nomor identitas di sudut kanan bawah foto dan sejumlah detail lainnya, para ahli meyakini gambar itu diambil dari Enola Gay, pesawat B-29 yang menjatuhkan bom itu.

Gambar ini menjadi salah satu dari 10 gambar terbaru yang terkait dengan peristiwa dahsyat dalam sejarah perang dunia itu. 

Foto itu pun menjadi bagian dari 2.100 foto yang dikumpulkan ketika anggota staf museum Hiroshima menjelajahi Perpustakaan Kongres AS dan Museum Angkatan Laut AS di Washington, serta Museum Nasional Angkatan Udara AS di Ohio.

Perjalanan itu dilakukan antara November dan Desember 2016.

Beberapa dari foto-foto yang ditemukan ternyata sama dengan yang sudah dimiliki Museum Hiroshima.

Kunjungan tersebut merupakan yang pertama dilakukan staf Museum Hiroshima, sebagai bagian dari upaya panjang demi mendapatkan seluruh gambar dari peristiwa bom atom tersebut, beserta data pendukung lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com