Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Trump Jadi Membangun Tembok Pembatas di Perbatasan Meksiko?

Kompas.com - 25/01/2017, 17:35 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.comPresiden AS Donald Trump siap mengambil langkah awal untuk membangun tembok di perbatasan dengan Meksiko pada saat menandatangani sejumlah perintah eksekutif, Rabu (25/1/2017).

"Hari besar dalam hal keamanan nasional direncanakan besok (Rabu), di antaranya kami akan membangun tembok," kata Trump lewat akun Twitter-nya, Selasa (24/1/2017) malam.

Salah satu janji kampanye Trump adalah membangun tembok pembatas sepanjang 3.200 kilometer di perbatasan AS dan Meksiko.

Sebagian perbatasan kedua negara memang sudah dipagari, tetapi Trump bersikukuh temboklah yang dibutuhkan untuk menghentikan imigran ilegal masuk dari Amerika Latin.

Memangkas jumlah imigran dari wilayah selatan benua Amerika juga merupakan salah satu janji utama dalam kampanyenya.

Namun, sejumlah kalangan menyampaikan keraguan soal manfaat tembok mengurangi jumlah imigran.

Para pengamat juga mempertanyakan manfaat dari proyek bernilai miliaran dollar ini jika masih ada cara lain yang lebih murah, tetapi dengan hasil yang sama.

Namun, isu ini sudah terlanjut menjadi janji yang dinantikan masyarakat ekstrem kanan AS, yang merupakan pendukung utama Trump.

Hal lain yang membuat ide Trump ini menimbulkan pertanyaan adalah sebagian besar tanah yang akan dilewati tembok merupakan tanah milik warga.

Artinya, pemerintahan Trump harus melalui proses hukum yang panjang ditambah pembayaran kompensasi yang mahal sebelum tembok itu bisa dibangun.

Meski demikian, dalam kampanyenya, Trump berjanji akan memaksa pemerintah Meksiko membayar pembangunan tembok pembatas itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com