Kompas.com - 25/01/2017, 17:24 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com - China dikabarkan mengerahkan misil balistik canggihnya ke perbatasannya dengan Rusia. Misil ini memiliki kemampuan untuk menjangkau wilayah Amerika Serikat.

Sejumlah media China mengunggah foto pemindahan misil Dongfeng-41 yang mampu membawa hulu ledak nuklir ke provinsi Heliongjiang.

Provinsi ini adalah titik terdekat antara China dan AS. Dongfeng-41 memiliki daya jelajah 14.000 kilometer dan mampu membawa 10-12 hulu ledak nuklir.

"Sejumlah media mengklaim militer China memamerkan (misil) Dongfeng-41 dan mengaitkannya dengan pelantikan Presiden Donald Trump," demikian harian Global Times yang dekat dengan Partai Komunis China.

Harian itu juga menyerukan agar militer menyiagakan kekuatan nuklir negeri itu.

"Persenjataan nuklir China harus mampu menangkis serangan AS," madih kata Global Times.

Kabar pemindahan misil balistik canggih itu muncul setelah Trump membuat berang China terkait posisinya terkait Taiwan, perdangan, keamanan, dan terutama Laut China Selatan.

Sebelumnya, pada Senin (24/1/2017), juru bicara Gedung Putih Sean Spicer mengatakan, AS akan mempertahankan kepentingannya di perairan strategis itu.

Pernyataan itu kemudian disusul China yang menegaskan "kedaulatan yang tak tergoyahkan" di perairan tersebut.

Trump berulang kali melakukan aksi yang menjengkelkan China salah satunya menerima telepon ucapan selamat dari presiden Taiwan bulan lalu.

Trump kemudian membuat Beijing semakin geram setelah melayangkan pertanyaan soal kebijakan satu China, yang membuat Washington harus mengakui Taiwan adalah bagian dari China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Telegraph
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.