Kompas.com - 24/01/2017, 11:10 WIB
EditorPascal S Bin Saju

BEIJING, KOMPAS.com — China sebenarnya tidak ingin menjadi pemimpin dunia. Namun, jika terpaksa dan bila pihak-pihak lain mundur dari posisi tersebut, China siap mengemban peran itu.

Selain itu, China juga mendesak Amerika Serikat untuk menghormati kebijakan "Satu China".

Pernyataan itu disampaikan Direktur Ekonomi Internasional Kementerian Luar Negeri China, Zhang Jun, Senin (23/1/2013), setelah Presiden AS Donald Trump berjanji untuk menempatkan posisi "AS akan menjadi yang  utama" dalam pidato pelantikannya. 

Diplomat senior China itu mengatakan hal tersebut saat jumpa pers dengan wartawan asing untuk membahas kunjungan Presiden China, Xi Jinping, ke Swiss pekan lalu, seperti dilaporkan Deutche Welle.

Dalam pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Davos pekan lalu, Xi Jinping menggambarkan China sebagai pemimpin dunia global dengan hanya lewat kerja sama internasional masalah-masalah besar dapat terpecahkan.

Sebelum Trump menjadi presiden, Xi juga mendesak negara-negara lain untuk melawan isolasionisme, menandakan keinginan Beijing untuk memainkan peran yang lebih besar di panggung global.

Mengelaborasi tema itu, Zhang mengatakan, China tidak berniat menjadi pemimpin global. 

"Jika ada orang yang mengatakan China memainkan peran kepemimpinan dalam dunia, itu bukan artinya China bergegas maju ke depan, melainkan pelari di depan telah melangkah mundur dan meninggalkan tempat untuk China," ujar Zhang.

"Jika China diperlukan untuk memainkan peran kepemimpinan, China akan mulai memikul tanggung jawabnya," katanya lebih lanjut.

Soal perang dagang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.