Kompas.com - 23/01/2017, 17:43 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Setelah tak menjadi presiden, Barack Obama secara praktis adalah seorang penganggur.

Dalam usia 55 tahun, Obama menjadi mantan presiden AS paling muda, dan dengan usianya ini masih sangat terbuka Obama memiliki karier baru.

Saat ini, Obama dan keluarganya tengah berlibur di California. Dia juga sudah menyewa rumah mewah di Washington DC agar putrinya, Sasha, bisa menyelesaikan sekolah di ibu kota.

Selain itu, ke mana Obama pergi dan apa yang akan dilakukannya setelah tak menjadi presiden masih misterius.

"Dia memasuki periode tak berkomentar dan mengutamakan keluarganya," demikian ditulis harian The Los Angeles Times.

"Saya akan berdiam diri sejenak dan tak akan mendengar diri saya banyak bicara. Saya ingin menghabiskan waktu bersama anak-anak saya," kata Obama kepada sejumlah reporter.

Lalu apa yang akan dilakukan Obama, khususnya pekerjaan, untuk memberinya penghasilan pada masa depan? Berikut beberapa kemungkinannya:

Pensiun

Semua mantan presiden AS mendapatkan uang pensiun sebesar 205.700 dollar AS atau hampir Rp 3 miliar setahun yang jumlahnya akan naik sesuai inflasi.

Obama juga akan menerima uang dari pemerintah federal untuk menutup biaya yang akan digunakannya untuk kebutuhan kantor dan staf.

Sebagai contoh, pada 2015, George W Bush menerima alokasi dana sebesar 1,1 juta dollar AS, sedangkan Jimmy Carter sebesar 430.000 dollar AS.

Penulis buku

Dalam konferensi pers terakhirnya di Gedung Putih, Obama mengungkap sedikit rencananya pada masa depan.

"Saya ingin menulis," kata dia.

Jika menulis yang dimaksud adalah termasuk biografi, maka Obama akan mengantongi banyak uang.

Berdasarkan penerbit dan agensi yang dihubungi The New York Times, kontrak buku untuk Obama akan bernilai antara 12-30 juta dollar AS atau antara Rp 160 miliar-Rp 400 miliar.

Sedangkan biografi Michelle Obama bisa bernilai antara 10-15 juta dollar AS atau Rp 133 miliar-Rp 200 miliar.

Itu baru nilai kontraknya. Jika buku itu terjual selaris dua buku sebelumnya, maka Obama akan mengantongi royalti jutaan dollar AS hingga beberapa tahun ke depan.

Pada 2009, Obama dilaporkan mendapatkan penghasilan sebesar 5,1 juta dollar AS atau Rp 68,1 miliar hanya dari penjualan dua bukunya.

Saat ini Obama masih menerima royalti dari kedua bukunya, yaitu The Audacity of Hope dan Dreams from My Father, meski jumlahnya sudah mengalami penurunan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.