Kompas.com - 21/01/2017, 13:03 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHNGTON DC, KOMPAS.com - Mantan presiden AS Barack Obama dan keluarganya, Jumat (20/1/2017), bertolak ke California untuk menikmati liburan setelah menyerahkan tampuk kekuasaan kepada Donald Trump.

"Demokrasi kita bukanlah bangunan, juga bukan monumen. Demokrasi kita adalah Anda," ujar Obama kepada para pengantarnya di pangkalan udara Andrews, Maryland tak jauh dari ibu kota.

Obama dan keluarganya dikabarkan berada di Palm Spring, California untuk bersantai setelah delapan tahun bergulat dengan urusan kenegaraan yang berat.

Sejauh ini belum diketahui pasti apa yang akan dilakukan Barack Obama setelah tak menjadi presiden.

Namun, sebelum meninggalkan Gedung Putih, Obama meminta publik memberinya ide terkait apa yang harus dilakukannya di kemudian hari.

Satu hal yang pasti, kata Obama, meski dia kini berada di luar pemerintahan tetapi dia tetap akan bekerja untuk demokrasi.

"Saya tak akan berhenti. Saya akan tetap bersama Anda semua sebagai sesama warga negara. Saya terinspirasi oleh suara Anda tentang kebenaran dan keadilan, humor yang bagus, dan cinta," kata Obama lewat akun resminya.

"Saat kami menatap ke masa depan, saya ingin langkah pertama kami merefleksikan apa yang penting bagi sebagian dari Anda. Bagikan ide Anda dengan saya di http://Obama.org," lanjut dia.

Dalam sebuah video, Michelle Obama mengatakan, perintah pertama bagi keluarganya setelah menjadi warga biasa adalah beristirahat sejenak.

"Kami akhirnya bisa mendapatkan tidur yang cukup. Bisa menghabiskan waktu bersama keluarga lebih banyak," ujar Michelle.

Setelah itu, lanjut dia, mereka akan segera memulai pekerjaan membangun pusat kepresidenan Obama, yang disebut sebagai pusat kehidupan dan kerja bagi warga negara.

"Sampaikan kepada kami apa yang bisa kami capai brsama," kata Michelle Obama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.