Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi Kuat Kembali Guncang Kepulauan Solomon

Kompas.com - 20/01/2017, 07:37 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 6,8 magnitudo mengguncang Kepulauan Solomon, Jumat (20/1/2017). Pemerintah setempat mengatakan, sejauh ini belum menerima laporan adanya kerusakan atau korban.

Survei Geologi AS (USGS) mengatakan, gempa bumi itu terjadi pada pukul 10.04 waktu setempat atau pukul 06.04 WIB.

Pusat gempa tercatat di kedalaman 33 kilometer sekitar 70 kilometer sebelah barat Kirakira, kawasan yang juga diguncang gempa bulan lalu.

Sementara itu, pusat peringatan tsunami Pasifik yang berpusat di Hawaii memastikan tidak ada potensi tsunami akibat gempa tersebut.

Pada Desember lalu, tiga guncangan kuat dirasakan di Kirakira tanpa mengakibatkan kerusakan berarti.

Badan penanggulangan bencana nasional (NDMO) Kepulauan Solomon mengatakan, belum menerima laporan adanya kerusakan atau korban dari kawasan-kawasan yang terpencil.

"Gempa terjadi di area yang sama dengan kejadian bulan lalu dan terdapat retakan besar di tanah," kata Direktur NDMO Loti Yates.

"Dibarengi huan deras, retakan itu bisa mengakibatkan tanah longsor tetapi terlalu dini untuk memastikan hal tersebut dan kami tak membuat asumsi," tambah Yates.

Kepulauan Solomon terletak di kawasan cincin api, sebuah zona dengan aktivitas tektonik tinggi yang kerap mengalami gempa bumi dan gunung meletus.

Pada 2007, gempa bumi berkekuatan 8,0 magnitudo menghantam Kepulauan Solomon dan mengakibatkan 52 orang tewas dan ribuan orang mengungsi setelah gempa itu menciptakan gelombang tsunami setinggi 10 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com