Kompas.com - 19/01/2017, 16:04 WIB
EditorErvan Hardoko

TEHERAN, KOMPAS.com - Gedung pencakar langit tertua di Iran, gedung Plasco berlantai 15 di pusat kota Teheran, runtuh setelah terbakar, Kamis (19/1/2017).

Penghuni bangunan yang berdiri sejak awal 1960-an itu serta berfungsi sebagai pusat perbelanjaan dan pasar kain itu sudah dievakuasi.

Stasiun televisi pemerintah mengabarkan setidaknya 200 orang pemadam kebakaran bertugas di lokasi itu, dan 38 orang di antaranya terluka.

Namun, puluhan anggota pasukan pemadam kebakaran yang mencoba memadamkan api justru terjebak di dalam gedung tersebut.

Dalam siaran langsung di televisi terlihat api membakar hingga puncak gedung itu sebelum bangunan tersebut runtuh.

"Kami sudah berulang kali memperingatkan manajer gedung terkait minimnya standar keamanan di gedung tersebut," kata juru bicara pasukan pemadam kebakaran Teheran, Jalal Malekias.

"Bahkan di tangga, banyak tergeletak kain dan hal tersebut menyalahi standar keamanan gedung. Manajer gedung mengabaikan peringatan kami," tambah Jalal.

Gedung Plasco adalah bangunan tinggi dan pusat perbelanjaan pertama di Teheran. Saat selesai dibangun pada 1962, bangunan itu adalah gedung tertinggi di Teheran.

Namun, setelah pembangunan berlangsung di kota itu, gedung Plasco jadi terlihat kerdil di tengah gedung-gedung pencakar langit baru.

Gedung itu dirancang dan dibangun Habibolah Elghanian, seorang pebisnis Iran keturunan Yahudi. Dia ditangkap akibat hubungannya dengan Israel dan dihukum mati usai Revolusi Islam 1979.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.