Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bush Senior Dirawat di Rumah Sakit, Kondisinya Stabil

Kompas.com - 18/01/2017, 18:21 WIB

MILWAUKEE, KOMPAS.com - Mantan Presiden Amerika Serikat, George HW Bush, dirawat di sebuah rumah sakit di Houston, menurut televisi KHOU yang berafiliasi dengan CBS Houston, mengutip kepala staf kantornya, Jean Becker, Rabu (18/1/2017).

Bush (92) saat ini berada dalam kondisi stabil. Dia "baik-baik saja," Becker mengatakan kepada KHOU. Ia memperkirakan Bush mungkin boleh pulang dalam beberapa hari.

Kantor berita Reuters melaporkan, pihaknya belum dapat menghubungi juru bicara keluarga presiden ke-41 AS itu, Jim McGrath, atau pihak dari rumah sakit tempat Bush dirawat.

Bush, yang juga disebut sebagai Bush Senior, merupakan ayah dari mantan Presiden George W Bush (Bush Junior) dan mantan gubernur Florida Jeb Bush, yang mencalonkan diri dalam pemilu presiden 2016 dari kubu Partai Republik.

Bush Senior adalah tokoh Partai Republik seperti anak-anaknya.

Ia sebagai wakil presiden pada dua periode pemerintahan Predisen Ronald Reagan (presiden ke-40 AS) sebelum terpilih menjadi Presiden AS pada 1988.

Pria kelahiran 12 Juni 1924 itu menjabat selama empat tahun di Gedung Putih, dari 20 Januari 1989  hingga 20 Januari 1993.

Dia mengenakan sebuah kursi roda dalam beberapa tahun terakhir dan dirawat di rumah sakit dua kali pada 2014.

Perawatan pertama di rumah sakit akibat paru-paru basah dan dirawat selama tujuh minggu dan masuk lagi untuk kedua kalinya karena gangguan pernafasan.

Pada Juli 2015, Bush Senior ini mengalami patah tulang leher saat terjatuh di rumah keluarganya di Maine.

Bush sendiri jarang tampil di publik sejak dia menginjak usia 90 tahunan.

Pada Oktober 2015, Bush, yang duduk di atas kursi roda dan berpenyangga leher, melakukan lemparan pertama dalam pertandingan baseball antara Houston Astros dan Kansas City Royals.

Bush memperingati 75 tahun serangan Jepang di Pearl Harbor pada 2016 dengan menghadiri upacara di perpustakannya di Universitas A&M Texas.

Di perpustakaan itu Bob Dole, mantan Senator Partai Republik yang mewakili Kansas, mendapatkan penghargaan atas pelayanan masyarakatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com