Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Obama Pangkas Hukuman Manning, Rusia Perpanjang Izin Tinggal Snowden

Kompas.com - 18/01/2017, 16:47 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia telah memperpanjang izin tinggal bagi pembocor rahasia intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, untuk masa dua tahun ke depan.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyampaikan hal itu dalam sebuah pernyataan pada Rabu (18/1/2017) ini sebagaimana diberitakan oleh Agence France-Presse.

Mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA) AS itu mengguncang stabilitas intelijen AS pada 2013 karena melakukan pembocoran rahasia AS di media massa lokal dan seluruh dunia.

Pengumuman tentang perpanjangan masa izin tinggal bagi Snowden itu dilakukan tak lama setelah Presiden AS Barack Obama mengurangi masa hukum terhadap tentara transgender pembocor rahasia keamanan AS, Bradley Manning alias Chelsea Manning.

Manning  dijatuhi hukuman 35 tahun penjara karena menyerahkan dokumen-dokumen rahasia AS kepada situs WikiLeaks.

Snowden sendiri tidak termasuk dalam dalam daftar pengampunan dari Obama di akhir masa jabatannya sebagai Presiden AS, yang akan digantikan Donald Trump pada 20 Januari ini.

"Izin tinggal Snowden ini baru saja diperpanjang dua tahun," tulis juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova pada halaman Facebook-nya.

Pengacaranya, Anatoly Kucherena, tidak bisa dihubungi untuk mengkonfirmasi pernyataan Zakharova tersebut.

Snowden telah tinggal di pengasingan di Rusia sejak 2013, setelah ia menghabiskan waktu berminggu-minggu di area transit di bandara Sheremetyevo, Moskwa.

Pada awalnya Snowden diberikan izin untuk tinggal di Rusia selama satu tahun di tengah kemerosotan hubungan antara Moskwa dengan Washington.

Bocoran dari dokumen-dokumen rahasia AS itu telah memicu sengketa besar baik di dalam negara Amerika Serikat maupun di kalangan negara-negara sekutu, termasuk para pemimpin mereka.

Snowden menyambut pengurangan masa hukuman Manning dengan berkicau di Twitter, "Biarlah dikatakan di sini dengan sungguh-sungguh, dengan hati yang baik. Terima kasih, Obama."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com