Kompas.com - 16/01/2017, 15:15 WIB
EditorPascal S Bin Saju

PARIS, KOMPAS.com - Delegasi dari lebih dari 70 negara menghadiri pertemuan Paris, Perancis, Minggu (15/1/2017), untuk menyatakan tentangan mereka terhadap permukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki, termasuk Jerusalem Timur.

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Marc Ayrault menyerukan kepada pemimpin Israel dan Palestina untuk “kembali ke meja perundingan” dan membahas solusi dua negara sebagai satu-satunya alternatif menuju perdamaian di Timur Tengah.

“Kedua pihak sangat berseberangan dan hubungan mereka dilandasi ketidakpercayaan — situasi yang sangat berbahaya,” kata Ayrault.

“Semuanya sama-sama berisiko mengalami kekerasan baru. Tanggung jawab kita bersama adalah membawa Israel dan Palestina kembali ke meja perundingan,” Ayrault menambahkan.

Dalam sebuah pesan yang kuat kepada Israel dan pemerintahan AS mendatang, Ayrault menggambarkan pembentukan negara Palestina sebagai satu-satunya cara untuk menjamin perdamaian di kawasan itu.

“Tujuan pertama kami adalah untuk mengatakan, dengan kekuatan, bahwa solusi dua negara merupakan satu-satunya kemungkinan. Itu adalah satu-satunya yang menyediakan jawaban bagi aspirasi yang sah dan hak-hak bagi kedua pihak,” kata Ayrault.

Bulan lalu, AS abstain dari sebuah pemungutan suara di Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengecam Isarel atas permukiman yang dibangunnya di wilayah Palestina.

Pada tahun-tahun sebelumnya, AS selalu memveto resolusi serupa.

Lebih dari 500.000 warga Israel tinggal di Jerusalem Timur dan Tepi Barat di permukiman-permukiman yang dianggap sebagian besar pemerintah di dunia sebagai ilegal.

Pemerintahan Presiden AS Barack Obama menyebutnya “tidak sah”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.