Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung Kim Jong Un, Ayah, dan Kakeknya Dibangun di Gunung Paektu

Kompas.com - 13/01/2017, 19:29 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Utara berencana membangun patung Kim Jong Un, ayah, dan kakeknya di gunung tertinggi neger itu.

Kabar pembangunan patung baru di Gunung Paektu itu disampaikan kantor berita pemerintah Korea Utara KCNA.

Tiga generasi pemimpin yang disebut rakyat Korea Utara sebagai "Matahari bagi Umat Manusia" itu, sangat dikagumi oleh masyarakat progresif di seluruh dunia. Demikian KCNA.

Namun, di mata Dr Andrei Lankov, pakar masalah Korea di Universitas Kookmin di Seoul, rencna ini tak lebih dari sebuah pengkultusan individu Kim Jong Un dan keluarganya.

"Ini menunjukkan pengkultusan individu terhadap Kim Jong Un sudah mulai terbentuk, meski dia sangat sedikit memperhatikan masalah seperti ini dibanding ayah dan kakeknya," kata Lankov.

Mengembangkan kultus individu merupakan sebuah strategi kunci bagi dinasti Kim untuk mempertahankan kekuasaannya dan mengamankan posisi mereka dalam mitologi nasional.

Gunung Paektu, sebuah gunung berapi aktif setinggi sekitar 3.000 meter dari permukaan laut dan terletak di perbatasan dengan China, dianggap sebagai rumah spiritual bangsa Korea Utara.

Warga negeri itu menganggap Gunung Paektu adalah tempat suci revolusi Korea.

Menurut sejarah resmi Korea Utara, ayah Kim Jong Un lahir di sebuah gubuk sederhana di lereng gunung itu.

Lokasi kelahiran di Gunung Paektu itu memperkuat legitimasinya untuk berkuasa. Sebab, garis keturunan Paektu tetap menjadi hal penting dalam legenda dinasti Kim.

Namun, menurut catatan Rusia, Kim Jong Il lahir di sebuah kamp militer Rusia, tempat ayahnya bertugas selama Perang Dunia II.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com