Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaum Difabel di Jerman Diusulkan Dapat Dana untuk Bayar Pekerja Seks

Kompas.com - 10/01/2017, 07:30 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Partai Hijau di Jerman mengusulkan agar kaum difabel dan penderita penyakit serius mendapat penggantian biaya, jika mereka membayar jasa pekerja seks komersial.

Namun, para pasien harus memiliki catatan medis tentang kondisinya dan membuktikan bahwa mereka memang tidak bisa mengunjungi para pekerja seks tersebut.

Elisabeth Scharfenberg, anggota parlemen dari Partai Hijau mengatakan, dalam bayangannya,  pemerintah lokal yang membayar dana untuk 'bantuan seks' tersebut.

Di Jerman, prostitusi merupakan jasa yang legal sejak tahun 2002.

Harian Welt am Sonntag melaporkan, belakangan ini semakin banyak para pekerja seks komersial yang menawarkan jasa di panti-panti perawatan kesehatan.

Seorang penasihat seks untuk panti-panti perawatan kesehatan menjelaskan, PSK merupakan sebuah berkah bagi sejumlah pasien.

Sebelum Jerman, Belanda sudah lebih dulu membuka kesempatan bagi penggantian pembayaran layanan seks dari PSK yang bersertifikat sebagai biaya medis.

Partai Hijau di Jerman merupakan salah satu mitra pemerintah koalisi di negara bagian Baden-Wuerttemberg dan dalam pemilihan federal terakhir mendapat delapan persen suara secara nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com