Kompas.com - 07/01/2017, 16:46 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

JERUSALEM, KOMPAS.com - Dinas intelijen Israel, Mossad membuka lowongan untuk penerimaan anggota baru dengan target khusus kaum perempuan.

"Dibutuhkan perempuan yang memiliki kemampuan lebih," demikian isi iklan Mossad yang diterbitkan di surat kabar nasional setempat.

Dalam iklan itu ditampilkan wajah seorang perempuan, dalam bentuk siluet. 

Dalam pemberitaan di media Israel disebutkan, Mossad tercatat memiliki staf perempuan sebanyak 40 persen, yang 24 persen di antaranya menduduki posisi penting dan berpengaruh.

Seperti dikutip Jerusalem Post, Tamir Pardo, mantan Kepala Mossad, mengungkapkan, pada tahun 2012, agen perempuan memiliki kelebihan dalam perang rahasia.

Perempuan disebut mempunyai kemampuan "multitasking" dan sanggup menekan ego untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

"Bertolak dengan cara pandang selama ini, Anda melihat bahwa kemampuan perempuan lebih unggul ketimbang laki-laki dalam hal memahami wilayah, membaca situasi, serta kesadaran akan tempat," kata Pardo.

Dinas intelijen Israel, Mossad didirikan pada tahun 1949. Selama ini Mossad dikenal sebagai salah satu dinas rahasia intelijen yang disegani.

Dalam sejarahnya, agen ini sering dipuji karena operasi inteljiennya yang tergolong berani. Meski sering kali mereka dituduh melakukan pembunuhan yang keji terhadap target serangan.

Salah-satu operasi intelijen Mossad yang ambisius dengan jangkauan global adalah penangkapan penjahat perang Nazi Adolf Eichmann pada tahun 1960 di Argentina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.