Kompas.com - 06/01/2017, 20:30 WIB
EditorPascal S Bin Saju

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com – Malaysia, Jumat (6/1/2016), mengatakan, pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang segera diakhiri dalam dua pekan mendatang.

Menurut Reuters, keputusan Malaysia itu diambil setelah pencarian di wilayah seluas 120.000 km2, yang dianggap para ahli sebagai tempat jatuhnya pesawat itu, sudah rampung.

Pada Desember 2016, penyidik menyarankan pencarian diperluas 25.000 km2 lagi hingga wilayah yang lebih jauh ke utara Samudra Hindia setelah mereka meyakini pencarian di tempat sebelumnya mungkin salah.

Menteri Perhubungan Malaysia, Liow Tiong Lai, mengatakan, pencarian di daerah seluas 120.000 km2 akan dituntaskan dalam dua pekan ini.

Pencarian akan diakhiri karena tidak ada petunjuk pasti yang mengarah kepada perpanjangan waktu.

Liow mengatkan, laporan terakhir yang dirilis koordinator pencarian, Biro Keselamatan Angkutan Australia, akan diselesaikan dalam satu atau dua pekan.

"Pencarian segera berakhir setelah itu," kata Liow kepada kantor nerita Malaysia, Bernama.

Laporan tersebut akan disampaikan secara daring dan  "Semua putusan akan mengacu pada laporan yang akan dibuat kemudian," ujar Liow lagi.

Pesawat MH-370 hilang pada Maret 2014 bersama 239 penumpang dan krunya. Sebagian besar dari mereka adalah warga China dan pesawat dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Di mana pesawat itu berada saat ini akan tetap menjadi salah satu misteri terbesar dalam penerbangan di dunia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.