Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Cinta Pengungsi Irak dan Penjaga Perbatasan Macedonia

Kompas.com - 05/01/2017, 14:25 WIB

SKOPJE, KOMPAS.com - Jatuh cinta memang tak bisa direncanakan oleh siapapun. Cinta bisa bersemi di mana saja dan terhadap siapa saja.

Banjir imigran Timur Tengah ke Eropa ternyata juga menumbuhnkan benih cinta yaitu antara seorang gadis Irak dan seorang petugas penjaga perbatasa Macedonia

Noora Arkavazi (20), meninggalkan kota Diyala, Irak bersama keluarganya. Setelah melakukan perjalanan panjang mereka tiba di perbatasan Macedonia yang becek pada Maret 2016.

Saat itu, akibat terus menerus kehujanan, Noora menderita demam dan suhu badannya tinggi, sehingga membutuhkan bantuan medis.

Keluarga Noora kemudian diminta menemui petugas yang bisa berbahasa Inggris, Bobi Dodevski. Dan ternyata cinta tumbuh pada pandangan pertama.

"Saya sudah bertemu banyak gadis, tetapi saya melihat hal spesial di mata Noora dan saya katakan dalam hati Noora ada di sini untuk menjadi istri saya," kata Dodevski (35) kepada BBC.

Seorang petugas perempuan bahkan bisa melihat bagaimana Dodevski benar-benar "kepincut" oleh pengungsi muda it.

Noora kemudian diberi perawatan petugas Palang Merah dan ditempatkan di kamp Tabanovce tak jauh dari perbatasan Serbia dengan keluarganya yang juga hendak menuju ke Jerman.

Selama di kamp itu, Noora mulai bekerja membantu palang merah, yang memungkinkan Dodevski semakin sering bertemu dan mengenal gadis ini.

Perlahan keduanya mulai menghabiskan waktu berdua untuk saling memahami.

Noora menyukai cara Dodevski bermain dan mengurus anak-anak pengungsi di kamp itu. Perilaku Dodevski berbeda dengan rekan-rekannya yang cenderung kaku.

Namun, pengungsi yang mendapat perlakuan paling istimewa dari Dodevski adalah Noora. Pria itu memberi Noora berbagai macamm kebutuhan termasuk makanan.

Pada April tahun lalu, Dodevski mengajak Noora ke sebuah restoran. Di sanalah dia melamar Noora dan mengajaknya menikah.

Dodevski bahkan harus mengulangi permohonannya sebanyak 10 kali untuk menyakinkan Noora bahwa dia tidak bercanda.

Apalagi keduanya memeluk agama yang berbeda. Dodevski adalah seorang penganut Kristen Ortodoks dan Noora adalah etnis Kurdi beragama Islam.

Noora akhirnya mengalah dan keduanya menikah di kota Kumanovo, wilayah utara Macedonia, pada Juli tahun lalu.

Noora kini sudah mendapatkan tempat yang aman, meski bukan seperti yang direncanakannya.

Noora kini tinggal bersama Dodevski di Kumanovo bersama tiga anak Dodevski dari pernikahan sebelumnya.

Dan dalam beberapa bulan mendatang, Dodevski dan Noora akan menyambut anggota keluarga baru, yaitu anak dari hasil pernikahan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com