Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Mabuk Ditangkap di Ruang Kokpit Jelang “Take Off” di Kanada

Kompas.com - 02/01/2017, 11:40 WIB

OTTAWA, KOMPAS.com –  Kejadian pilot mabuk bukan monopoli Indonesia. Seorang pilot mabuk juga ditangkap di ruang kokpit sebuah pesawat sebelum lepas landas (take off) dari Calgary, Kanada.

Pilot tersebut sedianya akan menerbangkan pesawat Sunwing, yang akan mengangkut lebih dari 100 orang menuju kota Cancun, Meksiko.

Namun, pesawat kemudian dialihkan ke tangan pilot yang lain karena pria berusia 37 tahun itu terlalu banyak menenggak alkohol.

Dua jam setelah penangkapan, petugas menemukan kadar alkohol di tubuhnya lebih tinggi tiga kali dari ambang batas toleran atau yang diizinkan.

Menurut BBC News, Senin (2/1/2016) pagi, insiden tersebut terjadi pada Sabtu (31/12/2016) sekitar pukul 07.00 waktu setempat.

Star Sunwing Airlines melihat pilot tersebut bertingkah aneh, dan kemudian dia jatuh pingsan. Mereka lalu mengabarkan kejadian itu kepada otoritas setempat dan juga membopongnya keluar dari kokpit menuju ke darat.

Pilot mabuk itu telah didakwa melakukan pelanggaran atas peran sebagai yang bertanggung jawab atas sebuah penerbangan, tetapi telah terganggu oleh perilaku buruknya itu.

Polisi Calgary mengidentifikasi pilot tersebut bernama Miroslav Gronych, pria berwarga negara Slovakia.

Juru bicara polisi, Paul Stacey, mengatakan, pilot mabuk merupakan sebuah potensi bencana.

Stacey juga memperingatkan, pilot mabuk mungkin banyak terjadi tidak hanya di maskapai kecil tetapi juga maskapai besar dan memiliki reputasi baik.

Ia berharap, maskapai agar melakukan pemeriksaan yang ketat. "Masih ada awak pesawat lain dan ada pintu khusus untuk awak. Mereka semua berkaitan dengan keselamatan,” katanya.

"Jadi, saya tidak terkejut bahwa ia tertangkap sebelum (pesawat) meninggalkan terminal," ujar Stacey. Namun, ia mengatakan, pilot akan dikenai sanksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com