Kompas.com - 02/01/2017, 11:40 WIB
EditorPascal S Bin Saju

OTTAWA, KOMPAS.com –  Kejadian pilot mabuk bukan monopoli Indonesia. Seorang pilot mabuk juga ditangkap di ruang kokpit sebuah pesawat sebelum lepas landas (take off) dari Calgary, Kanada.

Pilot tersebut sedianya akan menerbangkan pesawat Sunwing, yang akan mengangkut lebih dari 100 orang menuju kota Cancun, Meksiko.

Namun, pesawat kemudian dialihkan ke tangan pilot yang lain karena pria berusia 37 tahun itu terlalu banyak menenggak alkohol.

Dua jam setelah penangkapan, petugas menemukan kadar alkohol di tubuhnya lebih tinggi tiga kali dari ambang batas toleran atau yang diizinkan.

Menurut BBC News, Senin (2/1/2016) pagi, insiden tersebut terjadi pada Sabtu (31/12/2016) sekitar pukul 07.00 waktu setempat.

Star Sunwing Airlines melihat pilot tersebut bertingkah aneh, dan kemudian dia jatuh pingsan. Mereka lalu mengabarkan kejadian itu kepada otoritas setempat dan juga membopongnya keluar dari kokpit menuju ke darat.

Pilot mabuk itu telah didakwa melakukan pelanggaran atas peran sebagai yang bertanggung jawab atas sebuah penerbangan, tetapi telah terganggu oleh perilaku buruknya itu.

Polisi Calgary mengidentifikasi pilot tersebut bernama Miroslav Gronych, pria berwarga negara Slovakia.

Juru bicara polisi, Paul Stacey, mengatakan, pilot mabuk merupakan sebuah potensi bencana.

Stacey juga memperingatkan, pilot mabuk mungkin banyak terjadi tidak hanya di maskapai kecil tetapi juga maskapai besar dan memiliki reputasi baik.

Ia berharap, maskapai agar melakukan pemeriksaan yang ketat. "Masih ada awak pesawat lain dan ada pintu khusus untuk awak. Mereka semua berkaitan dengan keselamatan,” katanya.

"Jadi, saya tidak terkejut bahwa ia tertangkap sebelum (pesawat) meninggalkan terminal," ujar Stacey. Namun, ia mengatakan, pilot akan dikenai sanksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.