Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakek Paedofil Berusia 101 Tahun Divonis 13 Tahun Penjara

Kompas.com - 19/12/2016, 19:10 WIB

LONDON, KOMPAS.com – Seorang kakek berusia 101 tahun dijatuhi hukuman 13 tahun mendekam di penjara pada Senin (19/12/2016) setelah terbukti memiliki serangkaian kekerasan seksual terhadap anak-anak.

Mantan sopir truk bernama Ralph Clarke tersebut dinyatakan bersalah pekan lalu atas 21 pelanggaran yang berkaitan dengan pelecehan seksual terhadai dua anak perempuan dan satu anak laki-laki antara tahun 1974 dan 1983, demikian Agence France-Presse.

"Anda hadir sebagai orangtua yang rapuh. Namun, apa yang jelas terlihat adalah bahwa, meskipun mengaku bersalah, Anda tidak menunjukkan penyesalan apa pun," kata Richard Bond, hakim pengadilan Birgmingham, Inggris tengah.

Clarke diyakini bakal menjadi narapida tertua di Inggris. Pengacaranya, Darron Whitehead, mengatakan, vonis tersebut akan berlaku seperti “vonis seumur hidup" dan meminta hakim untuk mempertimbangkan usia dan kesehatan kliennya.

Jaksa Claire Nicholls mengatakan Clarke telah mengobarkan "rasa takut dan intimidasi" agar dia bisa mengendalikan korbannya.

"Dia menikmati keuntungan penuh dari usia muda korban dan menguasai situasi dalam rangka melaksanakan kejahatannya,” kata Nicholls.

"Selama lebih dari 40 tahun Clarke berpikir bahwa ia telah berhasil lolos atas kejahatannya. Karena keberanian korban, kami mampu membawanya ke pengadilan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Clarke melakukan pelecehan terhadap anak-anak tersebut di rumahnya, gudang di kebunnya, dan di truknya, demikian dokumen pengadilan.

Clarke mengakui sembilan tuduhan yang berkaitan dengan anak laki-laki selama persidangan dan menggambarkan pelanggaran sebagai "sesuatu yang terjadi" pada masa lalunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com