Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Hari Ibu, Monolog "Marsinah Menggugat" Ingatkan Beban Kaum Perempuan

Kompas.com - 19/12/2016, 11:16 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Kisah tragis buruh perempuan dalam monolog Marsinah Menggugat dipentaskan di panggung terbuka Jurusan Sendratasik Universitas Negeri Gorontalo, Senin (19/12/2016) malam ini.

Monolog karya Ratna Sarumpaet ini dibawakan oleh Agil Suryani Tumenggung Mayang dengan sutradara Ipong Niaga.

Agil Suryani adalah aktor yang beberapa bulan lalu terlibat dalam pentas Oidipus Sang Raja selama 2,5 jam. Ia yakin akan mampu membawakan lakon yang berdasarkan kisah nyata ini.

“Kisahnya berawal konflik perburuan di Sidoarjo, Jawa Timur. Konflik ini kemudian diikuti dengan kejahatan kemanusiaan seperti penculikan, penyiksaan, asusila hingga pembunuhan,” kata Agil Suryani Tumenggung Mayang.

Tragedi merupakan daya tarik kisah ini, kesedihan, penyiksaan dan penindasan melekat sepanjang pertunjukan. Haru biru akan disuguhkan dalam penampilan Agil Suryani ini.

Kisah Marsinah, sang buruh pabrik ini sangat lekat dengan kehidupan kaum wanita hingga saat ini. Kemiskinan dan beban kerja untuk menghidupi keluarga merupakan tugas berat yang harus dipikul kaum perempuan.

“Kisah ini juga mengingatkan kita, masih ada banyak perempuan yang belum beruntung di negeri ini, hidupnya penuh beban. Kami mengingatkan kembali menjelang Hari Ibu, 22 Desember,” kata Agil Suryani.

Kisah tragis anak manusia ini kembali ditampilkan dalam monolog di Gelanggang Seni Pertunjukan Gorontalo (GSP) II. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com