Kompas.com - 17/12/2016, 19:33 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Gempa dengan kekuatan magnitudo 8 mengguncang Papua Niugini, Sabtu (17/12/2016) sekitar pukul 20.51 waktu PNG atau 17.51 WIB. Gempa berpotensi memicu tsunami. 

Berdasarkan data Badan Geologi AS atau United States Geological Survey (USGS), pusat gempa berada di koordinat 4, 509 Lintang Selatan (LS) dan 153,45 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 103,2 kilometer.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) mengeluarkan peringatan tsunami yang mungkin berdampak di sejumlah negara.

Gelombang tsunami kemungkinan bisa terjadi tidak hanya di kawasan pantai Papua Niugini, tapi juga wilayah Indonesia, Nauru, Kepulauan Solomon, Pohnpei, Chuuk, Kosrae, Vanuatu, dan Selandia Baru.

PTWC menyebut, gelombang tsunami masih mungkin terbentuk sampai ke daratan di kawasan tersebut hingga 3 jam ke depan.

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan di wilayah daratan sekitar pusat gempa maupun korban manusia. USGS menerima 6 laporan warga yang merasakan getaran dengan kekuatan setara maksimum VI modified mercally intencity (MMI) atau terasa kuat, namun tak menimbulkan kerusakan berat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.