Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuba Ingin Bayar Utang Rp 3,6 Triliun ke Ceko Pakai Rum

Kompas.com - 16/12/2016, 08:42 WIB

PRAHA KOMPAS.com - Rum, sudah lama dikenal sebagai minuman keras khas Kuba bahkan, dengan sedikit berlebihan, rum sama nilainya dengan harta karun bajak laut.

Nah, dengan "harta karun" ini pula Kuba menawarkan rum sebagai pembayar utang era Perang Dingin kepada sejumlah kreditor, salah satunya adalah Republik Ceko.

Kementerian Keuangan Republik Ceko mengatakan, pemerintah Kuba menawarkan pembayaran utang negara sebesar Rp 3,6 triliun dalam bentuk minuman khas negeri Karibia itu.

Jika pemerintah Ceko menyetujui proposal itu, maka negeri tersebut akan memiliki persediaan rum yang bisa digunakan hingga lebih dari 100 tahun.

Berdasarkan biro statistik Ceko, meski dikenal sebagai negeri dengan rakyat penggemar bir, negeri tersebut mengimpor rum dengan nilai hampir Rp 27 miliar tahun lalu.

Juru bicara Kementerian Keuangan Ceko, Michal Zurovec mengatakan, nampaknya proposal Kuba itu sulit terwujud.

Sebab, pemerintah Praha lebih suka jika Kuba membayar utangnya dengan uang tunai, paling sedikit separuh dari utang itu.

Bukan kali ini saja sistem barter ditawarkan sebagai pembayar utang. Di masa lalu Korea Utara pernah ingin membayar utang luar negerinya dengan menggunakan ginseng.

Pada 1993, Rusia menawarkan sebuah kapal selam bertenaga nuklir dan dua jet tempur MiG untuk Selandia Baru untuk menyepakati pembayaran impor berbagai produk susu bernilai 100 juta dolar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com