Kompas.com - 15/12/2016, 09:36 WIB
EditorPascal S Bin Saju

SANTIAGO, KOMPAS.com — Masyarakat Cile digemparkan oleh kado boneka seks bertuliskan “untuk merangsang ekonomi” yang diberikan pengusaha kepada Menteri Ekonomi Luis Cespedes.

Kehebohan meledak setelah foto-foto Cespedes yang berpose dengan boneka seks itu beredar luas di media sosial, seperti dilaporkan Associate Press, Kamis (15/12/2016) pagi.

Presiden perempuan pertama Cile, Michelle Bachelet, berkicau di Twitter bahwa guyon dalam bentuk boneka seks itu mengandung unsur misoginis.

Selain itu pemberian boneka seks itu dinilai Bachelet sebagai sebuah ejekan terhadap tujuan pemerintahnya dalam mempromosikan penghormatan terhadap kaum perempuan.

Cespedes menerima boneka itu dari Roberto Fantuzzi, ketua asosiasi pengekspor di Cile, Asexma, pada saat jamuan makan pada Selasa (13/12/2016) malam untuk menandai akhir tahun.

Para politisi dan pemimpin perusahaan, yang sebagian besar laki-laki, termasuk mantan ketua organisasi pengekspor Amerika Serikat, Jose Miguel Insulza, tampak tertawa ketika Cespedes berpose tersenyum dengan boneka wanita telanjang di tangannya.

Di Cile, sudah menjadi tradisi bagi petinggi Asexma untuk memberikan kado kepada setiap tamu yang mereka undang pada saat jamuan makan malam tutup tahun mereka.

Namun, beberapa peserta tidak mau menerima hadiah apa pun setelah media sosial dihebohkan dengan tuduhan seksisme. Mereka mengatakan, Fantuzzi telah melampaui batas.

"Seseorang tertawa karena yang satu lagi berada dalam situasi canggung. Namun, kami semua menyadari bahwa itu adalah sebuah kesalahan, dan kami meminta maaf," kata Alejandro Guiller, peserta makan malam yang diperkirakan akan maju sebagai calon presiden pada tahun 2017.

Cespedes mengatakan bahwa ia menyesal. Insulza juga menyesalkan apa yang terjadi pada malam itu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.