Kompas.com - 09/12/2016, 09:01 WIB
EditorErvan Hardoko

SEOUL, KOMPAS.com - Lembaga survei Gallup Korea yang berbasis di Seoul mengungkapkan, hanya lima persen warga Korea Selatan yang masih mengingingkan Park Geun-hye sebagai presiden.

Dalam rilis hasil survei pada Jumat (9/12/2016), angka ini naik tipis dari pekan lalu yang hanya 4 persen di saat Park menghadapi kemungkinan pemakzulan.

Survei itu juga menunjukkan, sebanyak 81 persen responden mendukung parlemen untuk memakzulkan Park.

Sementara itu, di gedung parlemen Korea Selatan, para politisi bersiap untuk melakukan pemungutan suara untuk memuluskan rencana pemakzulan Presiden Park.

ika parlemen sepakat untuk memakzulkan Park, maka hari ini akan menjadi hari terakhir dia duduk di kursi kepresidenan.

Jika Park dicopot dari jabatannya, maka roda pemerintahan akan diserahkan kepada perdana menteri sembari menunggu datangnya pemilu.

Namun, jika dimakzulkan, Park masih boleh menyandang gelar presiden hingga enam bulan mendatang hingga Mahkamah Konstitusi meratifikasi pemakzulan itu.

Jika Mahkamah Konstitusi Korea Selatan meratifikasi keputusan parlemen, maka saat itulah secara resmi jabatan Park sebagai presiden berakhir.

Apapun hasil pemungutan suara di parlemen, tetap saja skandal ini merupakan kejatuhan yang sangat telak bagi Park Geun-hye.

Apalagi dia memenangkan pemilihan presiden sebagai kandidat yang tak pernah terlibat dalam kasus korupsi.

Dia juga menyatakan tak berutang kepada siapapun dan mendeklarasikan dirinya hanya "menikahi" negara.

Kini Park menghadapi aib terburuk dalam karier politiknya sebagai presiden Korea Selatan pertama yang dipecat dari jabatannya.

Halaman:
Sumber Reuters,AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.