Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selandia Baru Ganti 3 Nama Tempat yang Mengandung Kata "Nigger"

Kompas.com - 08/12/2016, 12:05 WIB

WELLINGTON, KOMPAS.com - Pemerintah Selandia Baru, Kamis (8/12/2016), memutuskan untuk mengganti sejumlah nama daerah yang bernuansa rasial.

Nama-nama daerah yang diganti adalah kawasan yang menyandang kata "nigger" yang dianggap menghina warga kulit hitam.

Setidaknya tiga tempat di kawasan pegunungan Alpen Selatan yang berganti nama dengan identitas baru diambil dari bahasa suku Maori.

Ketiga tempat itu adalah Nigger Stream menjadi Pukio Stream, Niggerhead diubah jadi Tawhai Hill, dan Nigger Hill menjadi Kanuka Hill.

Menteri Informasi Pertanahan Louise Upston mengatakan, kata "nigger" yang ada di ketiga tempat itu digunakan di masa ketika orang yang berbeda diperlakukan tak sama.

"Ini adalah kata yang oleh sebagian orang dianggap ofensif. Ini bukan tentang menulis ulang sejarah. Ketiga tempat ini tetap akan dicatat pernah memiliki nama lama," kata Louise.

Namun, pemerintah tidak akan mengganti namanama tempat lain seperti Darkies Creek, Darkies Terrace Track, dan Darkies Terrace yang diambil dari nama pemburu berdarah Afrika-Amerika Arthur "Darkie" Addison pada 1860-an.

Asal usul kata "nigger" di ketiga tempat itu tak pernah diketahui pasti.

Namun, departemen informasi pertanahan menduga nama itu terkait dengan tanaman asli daerah itu semacam rumput yang disebut "niggerhead".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com