Kompas.com - 03/12/2016, 20:33 WIB
EditorPascal S Bin Saju

ANKARA, KOMPAS.com - Militer Turki membunuh 20 pejuang Partai Pekerja Kurdistan, partai yang dilarang di Turki, setelah mereka mencoba untuk menyerang pangkalan militer di Hakkari.

Pejabat militer Turki, Sabtu (3/12/2016), mengatakan, para pejuang PKK itu menyeberang ke Turki dari Irak utara dan dan berusaha memulai serangan di pangkalan militer di Provinsi Hakkari.

Provinsi tersebut terletak di Turki tenggara dan berbatasan dengan Irak, sebagaimana dilaporkan oleh Reuters.

Masyarakat Kurdi mendiami bagian tenggara dari negara yang diguncang upaya kudeta pada 17 Juli 2016.

Wilayah tersebut telah dihujani kekerasan sejak  gencatan senjata gagal dilakukan pada Juli tahun lalu setelah 2,5 tahun melakukan gencatan senjata.

PKK, yang ditunjuk sebagai organisasi teroris oleh Turki, Uni Eropa dan Amerika Serikat, pertama mengangkat senjata melawan Ankara pada 1984.

Lebih dari 40.000 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga Kurdi, telah tewas dalam pertempuran sejak lebih dari dua dekade itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.