Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Pembawa Tim Sepak Bola Brasil Jatuh di Kolombia, 25 Tewas

Kompas.com - 29/11/2016, 16:33 WIB

BOGOTA, KOMPAS.com — Sedikitnya 25 orang tewas dan enam selamat akibat sebuah pesawat penumpang carteran yang membawa 81 orang, termasuk tim sepak bola Brasil, jatuh di Kolombia pada Senin (28/11/2016) pukul 10.15 malam setempat.

Informasi itu disampaikan oleh asosiasi penerbangan sipil Kolombia, Selasa (29/11/2016), sebagaimana dilaporkan media Inggris, The Sun.

Tim sepak bola Brasil dari klub kecil, Chapecoense Real, berada di pesawat itu. Reuters melaporkan, belum diketahui berapa anggota klub yang ada di pesawat.

Namun, tim sepak bola Brasil itu termasuk di antara 81 penumpang pesawat itu. Sementara itu, The Sun melaporkan, pesawat LAMIA itu jatuh di dekat La Ceja, jauh di luar Medellin.

Juga belum diketahui secara pasti bagaimana pesawat itu jatuh, kecuali disebutkan ada enam orang selamat, tanpa merinci kondisi korban lainnya.

Pesawat naas itu, kata Reuters, terbang dari Bandara Viru Viru di Santa Cruz, Bolivia.

Seharusnya pesawat mendarat di Bandara Jose Maria Cordova, bandara terbesar kedua yang terletak di kota Medellin, Kolombia.

Namun, pesawat itu "telah jatuh". Demikian kata Mauricio Parodi, Direktur Manajemen Bencana Provinsi Antioquia, Kolombia, kepada wartawan.

Menurut Parodi, regu penyelamat yang terdiri dari petugas pemadam kebakaran hingga pejabat manajemen bencana telah dikerahkan ke lokasi kejadian untuk mencari korban.

Otoritas Bandara Jose Maria Cordova di Medellin, di mana pesawat itu seharusnya mendarat, mengatakan, cuaca buruk membuat lokasi kecelakaan hanya dapat diakses melalui jalan darat.

Petugas bandara mengatakan, pesawat itu mengangkut tim sepak bola Brasil, yang sedianya akan bermain melawan tim Atletico Nacional Medellin pada laga final Sudamericana, Rabu (30/11/2016).

Laga Sudamericana setara dengan Liga Eropa. Chapecoense adalah klub terbesar ke-21 di Brasil dalam hal pendapatan pada tahun 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com