Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Perpanjang Landasan Pacu di Laut China Selatan

Kompas.com - 28/11/2016, 22:07 WIB

HANOI, KOMPAS.com - Vietnam telah memperpanjang landasan pacu militer di sebuah pulau kecil di Laut China Selatan untuk membantu pertahanannya terhadap China yang semakin agresif.

Upaya memperkuat kehadiran di Laut China Selatan juga dilakukan Filipina dan Taiwan untuk menjegal kekuatan China, sementara beberapa negara lain yang terlibat sengketa masih diam.

Hanoi memutuskan untuk memperpanjang landasan pacu di sebuah pulau di gugus Kepulauan Spratley yang disengketakan di Laut China Selatan, dari 762 menjadi 1.005 meter.

Selain itu, Vietnam juga membangun hanggar baru, demikian Pusat Pengkajian Internasional dan Strategi (CSIS) di Amerika Serikat, sebagaimana dilaporkan Voice of America.

Landasan pacu yang lebih panjang itu akan memungkinan akses yang lebih mudah bagi pesawat pemantau maritim Angkatan Udara Vietnam, tambah CSIS.

Penggunaan bersejarah laut itu, kebanggaan nasional yang kuat, dan sejarah konflik maut mendorong Vietnam untuk memperkuat lebih dari 24 pulau di kawasan itu.

“Vietnam harus bermain dengan sangat hati-hati,” kata Adam McCarty, ekonom utama di Mekong Economics di Hanoi.

“Mereka benar-benar tidak ingin memprovokasi China, tetapi mereka juga tidak dapat membiarkan China melakukan apa saja yang dikehendakinya," ujarnya.

China juga telah menimbulkan kemarahan Brunei, Taiwan, dan Filipina sejak tahun 2010 karena perluasan yang cepat China ke laut seluas 3,5 juta kilometer persegi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com