Kompas.com - 27/11/2016, 18:12 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

MIAMI, KOMPAS.com - Juanita Castro memastikan tidak akan menghadiri pemakaman abang kandungnya, mantan Presiden Kuba Fidel Castro.

Seperti dilansir Miami Herald, Sabtu (27/11/2016), Juanita yang telah tinggal di Miami, Amerika Serikat selama 51 tahun menyatakan kesedihan atas meninggalnya Castro.

Namun, perempuan berusia 83 ini memastikan dia tidak akan pernah lagi menginjakan kaki di kampung halamannya itu.

“Di tengah rumor beredar bahwa saya akan berangkat ke Kuba untuk menghadiri pemakaman, saya ingin mengklarifikasi saya tidak akan pernah kembali dan tidak berencana,” tutur dia.

Adapun hubungan antara abang adik itu retak di tahun 1965, setelah Juanita mengkritik gaya kepemimpinan otoriter Fidel.

Dia menyebut sang abang telah menjadikan Kuba sebagai “penjara yang dikelililingi oleh lautan”.

Juanita kemudian meninggalkan Havana dan meminta suaka kepada pemerintah Amerika Serikat.

Sejak saat itu, dia menghabiskan hidupnya di Miami bersama para sesama pengasingan yang melarikan diri dari rezim Castro.

Juanita ikut berjuang bersama dengan kedua abangnya Fidel dan Raul dalam Revolusi Kuba di tahun 1950-an yang menumbangkan rezim Fulgencio Batista.

Keretakan hubungan kedua orang itu akhirnya memuncak setelah Juanita dipaksa untuk menyerahkan tanah pertanian milik keluarga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.