Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besi Bekas Tangga Menara Eiffel Terjual Seharga Rp 7,5 Miliar

Kompas.com - 23/11/2016, 19:01 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Sebuah bagian tangga dari menara Eiffel di Paris, Perancis laku terjual lebih dari 500 ribu Euro atau lebih dari Rp 7 miliar dalam sebuah lelang.

Menurut penjelasan rumah lelang yang menangani penjualan itu, harga bagian tangga bekas itu melambung 10 kali lipat dari perkiraan awal. 

Sebanyak 14 tapak besi tempa dari tangga berkelok yang dulu menghubungkan lantai kedua dan ketiga di bagian tenggara menara Eiffel itu terjual seharga 523.800 Euro, atau Rp 7,55 miliar.

Rumah lelang yang menggelar acara itu menyebutkan, penjualan tangga tersebut berlangsung dramatis pada Selasa (22/11/2016) waktu setempat.

Pasalnya, lelang barang tersebut tak ubahnya menjadi ajang pelepas nafsu bagi para kolektor. Tawaran meningkat dengan pesat dalam waktu singkat, ketika dibuka pada harga 20.000 Euro.

Sementara, tangga itu pun terjual jauh di atas estimasi senilai 40.000 Euro. Demikian diberitakan AFP.

Pemenang lelang ini disebut berasal dari Asia, yang menutup penjualan melalui penawaran via telepon. 

Juru lelang Francois Tajan mengatakan, "pertempuran' tak hanya terjadi melalui saluran telepon, tapi pun di ruang lelang.

Di tempat itu dipajang barang bekas yang diyakini menggambarkan nilai budaya Perancis. 

Tangga itu dibuat pada tahun 1889 ketika insinyur legendaris Perancis Gustave Eiffel membangun menara setinggi 324 meter itu.

Tak lama berselang, menara itu pun menjadi simbol ikonik Kota Paris. Hingga hari ini, menara itu menjadi lokasi yang paling banyak dikunjungi, meskipun sempat terjadi seruan pembongkaran diawal pendirian monumen itu.

Sampai saat ini, menara Eiffel tetap menjadi bangunan tertinggi ke tiga di negara itu. Eiffel pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia selama 41 tahun, hingga the Chrysler Building dibangun di New York tahun 1930.

Tangga yang dilelang saat ini disingkirkan dari menara pada tahun 1983, demi pembuatan lift yang mengharuskan pemotongan 24 bagian di rentang ketinggian 2-9 meter. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com