Kompas.com - 23/11/2016, 15:13 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

WASHINGTON, KOMPAS.com - Megabintang dan legenda hidup NBA, Michael Jordan, bersama aktor Hollywood Robert De Niro dan legenda musik dunia, Bruce Springsteen, adalah tiga di antara 21 tokoh yang menerima penghargaan the Presidential Medal of Freedom.

Penganugerahan penghargaan itu dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Selasa atau Rabu WIB (23/11/2016) di Gedung Putih, Washington.

Acara penganugerahan gelar kehormatan tertinggi bagi warga sipil AS ini diberikan kepada bintang olahraga, seniman, ilumuwan, aktor, dan para dermawan. 

Ini merupakan kesempatan terakhir bagi Obama untuk menganugerahkan gelar itu, sebelum ia turun dari kursi kepresidenan Januari 2017 mendatang.

"Seluruh tokoh yang saat ini ada di panggung, telah menyentuh saya secara luar biasa, dengan cara mereka masing-masing," ungkap Obama seperti dikutip AFP.

"Hal itu sangat berarti, ketika anda berpikir tentang jajaran orang yang luar biasa, yang lantas menimbulkan pemahaman bahwa keberadaan merekalah yang membuat kita menjadi bangsa yang hebat di dunia," kata Obama.

"Bukan karena apa dan siapa kita, bukan karena perbedaan kita, namun justru di tengah perbedaan itu kita menemukan sesuatu yang bisa dibagikan," sambung dia.

Di jajaran tokoh penerima penghargaan, terlihat aktor Tom Hanks dan Robert Redford, Legenda NBA lainnya, Kareem Abdul-Jabbar, ikon budaya Diana Ross serta komedian dan pemandu acara Ellen DeGeneres.

Tentang nama terakhir ini, Obama pun menyampaikan pujian atas keberanian DeGeneres tampil sebagai gay.

"Merupakan beban yang luar biasa, dan mempertaruhkan karir," ungkap Obama. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.