Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Irak Sita Banyak Senjata dari Tangan ISIS

Kompas.com - 23/11/2016, 11:44 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Para prajurit Irak yang terlibat dalam operasi militer untuk merebut kembali kota Mosul merebut sejumlah besar persenjataan dari Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Di antara persenjataan yang disita itu terdapat satu unit truk yang digunakan untuk serangan bom bunuh diri dan sejumlah besar amunisi.

Sejumlah besar persenjataan dan amunisi ini disita setelah pasukan Irak merebut beberapa permukiman di dekat Mosul yaitu Intisar, Jadidat Mufti, Salam, Younis Sabawi, dan Palestina.

Salah satu divisi angkatan darat Irak selama tiga pekan mencoba mengamankan kawasan Intisar dan membersihkannya dari perangkap, penembak jitu, dan sisa-sisa anggota ISIS.

Pasukan pemerintah Irak juga mengatakan, mereka sudah merebut beberapa desa di dekat Mosul yaitu Shahrazad dan Shimaa.

Desa-desa yang sudah direbut itu berada di sekitar Ali Rash, sebuah desa yang berjarak sekitar 6,5 kilometer dri Mosul. Desa ini direbut dari ISIS bulan lalu.

Setelah diusir  dari seluruh desa itu, anggota ISIS kemudian bergerak mundur menujuk ke dalam kota Mosul.

Namun, gerak ofensif militer Irak terhambat setelah ISIS bertahan di tempat-tempat persembunyian, menggunakan warga sipil sebagai tameng, bergerak di terowongan bawah tanah.

Pasukan ISIS juga menggunakan pasukan bom bunuh diri, penembak jitu, dan tembakan mortir untuk menghadang laju gerakan pasukan federal Irak.

Perang untuk merebut Mosul dimulai lima pekan lalu dan menjadi operasi militer terbesar yang pernah terjadi Irak setelah operasi militer untuk menggulingkan Saddam Hussein pada 2013.

Kini sekitar 100.000 personel militer Irak, pasukan Peshmerga Kurdi, dan unit-unit paramiliter Syiah mengepung Mosul yang dipertahankan sekitar 5.000 anggota ISIS.

Jika Mosul bisa direbut kembali, maka itu adalah langkah besar Irak untuk menghancurkan ISIS. Sementara itu, pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi memerintahkan pengikutnya untuk mempertahankan Mosul hingga titik darah penghabisan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com