Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Australia Jalani Kemoterapi Enam Bulan karena Salah Diagnosis

Kompas.com - 19/11/2016, 16:07 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Seorang perempuan di New South Wales, Australia, menjalani kemoterapi selama enam bulan setelah didiagnosis menderita kanker ginjal stadium lanjut, yang ternyata salah.

Kasus ini merupakan salah satu yang muncul dalam laporan tahunan dari Komisi Pelaporan Medis di New South Wales (NSW).

Laporan tersebut menyebut nama rumah sakit yang melakukannya. Namun, menurut laporan yang didapat ABC, perempuan itu mendapat perawatan di sebuah rumah sakit swasta pada 2014-2015.

Laporan itu mengatakan, si perempuan diberi tahu bahwa dia menderita kanker ginjal stadium keempat oleh seorang dokter spesialis yang melihat hasil CT scan.

Diagnosis itu tidak langsung  diikuti dengan meminta diadakan tes lainnya.

Dokter kemudian merujuk sang pasien ke ahli kanker yang menyarankan kemoterapi selama enam bulan tanpa juga melakukan uji tambahan.

"Ini kasus yang menyedihkan," kata juru bicara masalah kesehatan dari Partai Buruh di NSW, Walt Secord.

"Pasien yang menjalani kemoterapi ini mengalami pusing-pusing, rambutnya rontok, kukunya lepas, dan juga kehilangan nafsu makan," katanya.

"Betapa sedihnya membayangkan seseorang yang harus menjalani terapi yang tidak perlu hanya karena kesalahan diagnosis," ia menambahkan.

Menurut laporan tersebut, ahli kanker ini kemudian menghentikan kemoterapi setelah tubuh pasien tidak bereaksi terhadap pengobatan, dengan tumor di ginjalnya tidak mengecil.

Ini membuat spesialis kanker tersebut melihat kembali laporan CT awal, yang menunjukkan bahwa tumor si pasien sebenarnya adalah tumor jinak, dan bukannya kanker stadium empat.

Pasien kemudian mendapatkan pengobatan yang tepat untuk tumor jinak dan juga pengobatan terhadap racun dari kemoterapi.

"Dia sekarang sudah sembuh," kata laporan tersebut.

Baik dokter spesialis awal maupun spesialis kanker sekarang sudah dilaporkan ke Dewan Medis NSW untuk ditindaklanjuti  guna menyelesaikan performa mereka yang buruk.

"Ini adalah tahun terburuk bagi Dinas Layanan Kesehatan NSW (NSW Health)," kata Secord.

Komisi Pelaporan Medis NSW menerima 6.075 laporan pada tahun keuangan 2015-2016 atau naik 15 persen dari tahun sebelumnya.

Partai Buruh yang saat ini menjadi partai oposisi di NSW mengatakan, ini adalah tren yang memburuk, dengan adanya kenaikan 47 persen pelaporan selama lima tahun terakhir.

ABC telah menghubungi Menteri Kesehatan NSW Jillian Skinner untuk mendapatkan komentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com