Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polandia Tambah 53.000 Tentara Hadapi Ancaman Rusia

Kompas.com - 17/11/2016, 11:00 WIB

WARSZAWA, KOMPAS.com - Polandia memperkuat militer dengan menambah 53.000 tentara untuk menghadapi ancaman Rusia, karena khawatir akan situasi seperti yang dialami Ukraina.

Kalangan parlemen Polandia telah memberikan lampu hijau untuk memperkuat angkatan bersenjatanya dengan merekrut 53.000 tentara tambahan.

Perkuatan pasukan itu, seperti dilaporkan oleh Daily Expres, Rabu (16/11/2016), sebagai langkah antisipasi atas kemungkinan terjadinya serangan tiba-tiba dari Rusia.

Kekuatan baru, terdiri dari tentara paruh waktu, akan mewakili sepertiga dari semua personil militer Polandia.

Anggaran dan usulan perkuatan pasukan belum disetujui oleh Senat namun diperkirakan akan lolos, karena pemerintah sayap kanan yang berkuasa memiliki suara mayoritas di parlemen.

Menteri Pertahanan Polandia Antoni Macierewicz mengatakan, "Tentara paruh waktu adalah cara termurah untuk meningkatkan kekuatan angkatan bersenjata dan kemampuan pertahanan”.

Oleh karena itu, kata Mcierewicz, Polania harus mampu memberikan respons yang kuat dalam menghadapi kemungkinan agresi militer Rusia seperti yang terjadi di Ukraina.

Pejabat pemerintah mengklaim, pasukan tambahan itu nantinya dapat menjadi kekuatan kelima yang dapat menjaga wilayah darat, laut, udara, dan untuk memperkuat pasukan khusus.

Unit keamanan baru itu juga akan memiliki pusat komando terpisah dan memiliki kepala pasukan sendiri yang akan memberikan laporan langsung kepada Macierewicz.

Polandia memperkuat militernya setelah Putin menandatangani sebuah perintah untuk mencabut keanggotaan Rusia di Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), setelah serangan udara di Suriah dan aneksasi Crimea.

Perang Suriah dan aneksasi Crimea di Ukraina timur telah dikecam oleh ICC, yang mencurigai bahwa Moskwa dapat disangka terlibat dalam berbagai kejahatan perang dan kejahatan kemanusiaan .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com