Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Yakinkan Para Sekutu AS tentang Trump

Kompas.com - 15/11/2016, 19:27 WIB

ATHENA, KOMPAS.com - Presiden AS, Barack Obama, saat berada di Athena, Yunani, berupaya meyakinkan para sekutu AS bahwa presiden terpilih, Donald Trump, akan menghormati persekutuan internasional saat mulai menjabat  pada Januari 2017.

Obama saat berada di Athena, Selasa (15/11/2016), mengatakan. Trump 'mengungkapkan keinginan besar' untuk mempertahankan komitmen AS di Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Obama menyampaikan hal tersebut sebelum mendarat di Athena, Yunani, yang merupakan lawatan internasional terakhirnya.

Namun pada masa kampanye, Trump mengatakan dia mungkin akan meniadakan jaminan perlindungan bagi negara-negara anggota NATO tersebut.

Pernyataan Trump itu membuat negara-negara Baltik khawatir akan agresi Rusia.

Berdasarkan Pasal 5 Traktat NATO, para sekutu berkomitmen untuk memberi bantuan kepada negara anggota yang sedang diserang.

Bagaimanapun pada Juli lalu, Trump mengatakan AS hanya akan membantu jika negara bersangkutan sudah 'memenuhi kewajibannya kepada kami'.

Di bawah pemerintahan Obama, Washington mendesak sekutu-sekutunya di Eropa agar meningkatkan anggaran pertahanannya.

Dari Yunani, Presiden Obama direncanakan akan meneruskan lawatannya ke Jerman dan Peru, yang dimanfaatkan untuk menenangkan tanggapan atas terpilihnya Trump.

Setelah pertemuan antara keduanya di Gedung Putih, Kamis (10/11/2016), Obama mengatakan dia mendesak presiden terpilih untuk menyampaikan 'beberapa pertanda persatuan'.

Sementara Moskwa mengatakan, Presiden Vladimir Putin sudah berbicara lewat telepon dengan Trump, Senin (14/11/2016), dan menanti kerja sama dalam meningkatkan hubungan Rusia dan AS.

Hubungan Moskwa dan Washington menegang di bawah Obama, antara lain dipicu oleh agresi Rusia di Crimea, yang sebelumnya merupakan wilayah Ukraina.

Sementara Trump, saat kampanye, memuji Putin yang menurutnya merupakan pemimpin yang lebih kuat dari Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com