Kompas.com - 14/11/2016, 16:56 WIB
EditorPascal S Bin Saju

KANO, KOMPAS.com – Pemimpin militan Boko Haram menanggapi keterpilihan Donald Trump sebagai Presiden AS dan memperingatkan, perang baru saja dimulai melawan Barat.

"Jangan mau dikalahkan oleh orang-orang seperti Donald Trump dan koalisi global yang memerangi saudara-saudara kita di Irak, Suriah, Afganistan, dan di tempat lain,” Abubakar Shekau, pemimpin Boko Haram.

Shekau menyampaikan hal itu dalam pesan audio yang diunggah di YouTube seperti dilaporkan Agence France-Presse, Senin (14/11/2016).

"Kami tetap teguh pada iman kita dan kita tidak akan berhenti," katanya dalam pesan audi selama satu jam yang diunggah pada Minggu (13/11/2016) malam. "Bagi kami, perang baru saja dimulai," dia menegaskan.

Pemberontakan yang dilancarkan Boko Haram telah berjalan tujuh tahun melawan pemerintah Nigeria.

Konflik bersenjata antara Boko Haram dan pemerintah Nigeria telah merenggut lebih dari 20.000 jiwa dan pemberontakan melebar ke negara-negara tetangga lainnya di Afrika Barat.

Boko Haram, yang tahun lalu bersumpah setia pada kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), telah berada dalam cengkeraman perebutan kekuasaan sejak akhir tahun lalu.

Komandan tertinggi ISIS pada Agustus lalu mengatakan bahwa kepemimpinan Shekau telah digantikan oleh Abu Musab al-Barnawi, pria berusia 22 tahun, anak dari pendiri Boko Haram, Mohammed Yusuf.

Shekau mengklaim ia masih bertugas, namun, beberapa faksi Boko Haram justru terlibat perseteruan untuk mengambil kekuasaan kelompok tersebut.

Selama kunjungan ke Nigeria pada Agustus lalu, Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengucapkan selamat kepada pemerintah Nigeria yang telah berhasil merebut sejumlah daerah dan membebaskan para korban penculikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.