Kompas.com - 14/11/2016, 14:56 WIB
EditorErvan Hardoko

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Mereka sudah dimakamkan selama hampir tujuh dekade, kini makam 11 pelaut Muslim yang gugur saat berperang bersama sekutu di Perang Dunia II ditemukan kembali.

Kini ke-11 makam pelaut Indonesia yang tergabung dalam AL Belanda dan "hilang" sejak 1940-an itu sudah dilengkapi batu nisan lengkap dengan nama-nama mereka yang gugur.

Para pelaut itu, berlayar dalam konvoi kapal pengangkut bahan makanan dan material yang dikirim untuk Inggris, berasal dari Pulau Jawa.

Mereka bertugas di kamar mesin kapal yang berlayar ke AS dan Rusia untuk mengumpulkan dan memasok bahan makanan.

Namun, saat mereka tiba di Inggris mereka jatuh sakit karena diserang penyakit yang banyak menghinggapi pelaut di masa itu yakni TBC dan emfisema.

Salah satu dari mereka bahkan menderita beri-beri, penyakit yang disebabkan akibat kekurangan vitamin B-1.

Kesebelas pelaut Indonesia itu meninggal dunia karena penyakit yang mereka derita setelah dirawat di RS Walton, Liverpool.

Mereka kemudian dimakamkan di sebuah kuburan di dekat rumah sakit tersebut dan kemudian dilupakan.

Pada 2012, seorang sejarawan lokal yang sedang meneliti silsilah keluarganya menemukan catatan terkait makam kesebelas pelaut ini di tumpukan arsip pemakaman Walton Park.

Lalu pada Maret lalu, angkatan bersenjata Belanda memeriksa makam tersebut dan memastikan ke-11 orang yang ada di dalam makam tersebut adalah para awak kapal dagang negeri itu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.