Kompas.com - 14/11/2016, 07:34 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com - Militer Irak, Minggu (13/11/2016), mengklaim telah berhasil merebuut kota kuno Nimrud di sebelah selatan Mosul.

Ibu kota kerajaan Assyria yang dibangun pada abad ke-13 sebelum masehi itu sebagiannya sudah sempat dihancurkan ISIS karena dianggap tak sesuai dengan dogma yang dianut ISIS.

Pasukan Irak memulai serangan ke kota Nimrud pada 17 Oktober lalu, berbarengan dengan dimulainya ofensif untuk merebut Mosul, kota terbesar kedua di Irak.

"Desa-desa Al-Nomaniyah dan Al-Nimrud serta reruntuhan kota kuno Nimrud sudah direbut kembali," kata Brigadir Jenderal Saad Ibrahim dari Divisi Pasukan Lapis Baja ke-9 Irak.

Sebelumnya, Komando Operasi Gabungan (JOC) Irak sempat mengumumkan bahwa seluruh kawasan Nimrud sudah sukses direbut. Namun, pernyataan tersebut kemudian dikoreksi.

"Namun, desa Nimrud dan situs arkeloginya sudah kami kuasai," demikin JOC Irak.

Nimrud adalah salah satu pusat kebudayaan kuno di Timur Tengah. Saat menjadi ibu kota Kekaisaran Assyria, di Nimrud terdapat komplek istana dan monumen yang luas sehingga butuh 150 tahun bagi para arkeolog untuk mengungkap semuanya.

Pada April tahun lalu, ISIS mengunggah video aksi mereka menghancurkan sejumlah monumen kuno sebelum memasang peledak dan menghancurkan peninggalan kebudayaan itu.

Aksi itu adalah bagian dari kampanye penghancuran situs-situs bersejarah yang dikuasai ISIS. Perusakan juga terjadi di Hatra, sebelah selatan Mosul dan di kota Palmyra, Suriah.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.