Kompas.com - 10/11/2016, 19:37 WIB
EditorErvan Hardoko

AUCKLAND, KOMPAS.com - Terpilihnya Donald Trump sebagai presiden ke-45 Amerika Serikat mengejutkan seluruh dunia dan langsung memberikan dampak.

Salah satu dampak itu adalah meningkatkan keinginan warga Amerika Serikat beremigrasi ke Selandia Baru.

Dalam 24 jam terakhir setelah Trump dipastikan mengalahkan Hillary Clinton, situs imigrasi Selandia Baru (INZ) mendapatkan 56.300 kunjungan dari AS.

Angka ini merupakan peningkatan pesat sebab selama ini situs INZ paling banyak mendapatk 2.300 kunjungan dari Amerika Serikat.

Dalam periode yang sama, lebih dari 7.000 orang warga AS yang berniat pindah ke Selandia Baru, atau meningkat dua kali lipat dari jumlah tiap bulannya.

Hal serupa juga dialami Selandia Baru beberapa bulan setelah Inggris memutuskan keluar dari Uni Eropa.

Sementara itu, situs The New Zealand Now, yang berisi informasi tentang kehidupan, studi, dan investasi di negeri itu, menerima 70.500 kunjungan dari AS selama 24 jam terakhir.

Padalah sehari-hari, situs ini hanya rata-rata mendapat 1.500 kunjungan dari pengguna internet di wilayah Amerika Serikat.

Gejala meningkatnya minat warga AS pindah ke Selandia Baru sudah mulai terlihat sebulan sebelum pemilihan presiden. Saat itu, jumlah peminat sudah mencapai dua kali lipat dibanding masa yang sama pada tahun lalu.

Hingga Juni lalu, sebanyak 1.288 warga AS disetujui untuk tinggal di Selandia Baru, 8.876 orang mendapatkan visa kerja, dan 2.997 warga AS mendapatkan visa pelajar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Guardian
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.