Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Menang Pilpres, Minat Warga AS Pindah ke Selandia Baru Meningkat

Kompas.com - 10/11/2016, 19:37 WIB

AUCKLAND, KOMPAS.com - Terpilihnya Donald Trump sebagai presiden ke-45 Amerika Serikat mengejutkan seluruh dunia dan langsung memberikan dampak.

Salah satu dampak itu adalah meningkatkan keinginan warga Amerika Serikat beremigrasi ke Selandia Baru.

Dalam 24 jam terakhir setelah Trump dipastikan mengalahkan Hillary Clinton, situs imigrasi Selandia Baru (INZ) mendapatkan 56.300 kunjungan dari AS.

Angka ini merupakan peningkatan pesat sebab selama ini situs INZ paling banyak mendapatk 2.300 kunjungan dari Amerika Serikat.

Dalam periode yang sama, lebih dari 7.000 orang warga AS yang berniat pindah ke Selandia Baru, atau meningkat dua kali lipat dari jumlah tiap bulannya.

Hal serupa juga dialami Selandia Baru beberapa bulan setelah Inggris memutuskan keluar dari Uni Eropa.

Sementara itu, situs The New Zealand Now, yang berisi informasi tentang kehidupan, studi, dan investasi di negeri itu, menerima 70.500 kunjungan dari AS selama 24 jam terakhir.

Padalah sehari-hari, situs ini hanya rata-rata mendapat 1.500 kunjungan dari pengguna internet di wilayah Amerika Serikat.

Gejala meningkatnya minat warga AS pindah ke Selandia Baru sudah mulai terlihat sebulan sebelum pemilihan presiden. Saat itu, jumlah peminat sudah mencapai dua kali lipat dibanding masa yang sama pada tahun lalu.

Hingga Juni lalu, sebanyak 1.288 warga AS disetujui untuk tinggal di Selandia Baru, 8.876 orang mendapatkan visa kerja, dan 2.997 warga AS mendapatkan visa pelajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com