Kompas.com - 10/11/2016, 18:52 WIB
EditorErvan Hardoko

MANILA, KOMPAS.com — Presiden Filipina Rodrigo Duterte tampaknya akan melupakan perseteruannya dengan Amerika Serikat setelah kemenangan Donald Trump.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Presiden Donald Trump. Semoga panjang umur!" kata Duterte di Manila, Rabu (9/11/2016) malam.

"Kini saya tak ingin lagi berseteru karena Trump sudah menjadi presiden," tambah dia.

Aliansi tradisional AS dan Filipina terganggu setelah Duterte mencaci maki Presiden Barack Obama pada September lalu.

Sebulan kemudian, dalam kunjungannya ke China, Duterte mengatakan, aliansi negaranya dan AS sudah berakhir.

Namun, sehari setelah Trump menang dalam pemilihan presiden AS, Duterte mengatakan bahwa dia dan Trump memiliki beberapa kesamaan sehingga latihan militer kedua negara bisa kembali digelar.

"Kami berdua sama-sama suka mengumpat. Satu hal kecil, kami gemar mengumpat, kami mempunyai kesamaan," ujar Duterte tentang Trump.

Pada saat hubungan Filipina dan AS mencapai titik nadirnya, Duterte sempat mengatakan bahwa latihan militer antara kedua angkatan bersenjata tidak akan digelar lagi pada masa depan.

Namun, pada Kamis (10/11/2016), Menteri Pertahanan Filipina Delfin N Lorenzana mengatakan, Duterte sudah setuju untuk menggelar kembali latihan militer dengan AS.

Lorenzana menegaskan, latihan militer dan sejumlah hubungan bilateral dalam sektor pertahanan tetap masuk dalam rencana dengan fokus utama adalah latihan militer bersama.

Halaman:
Baca tentang
Sumber CNN
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.