Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stoltenberg: Kepemimpinan AS Penting bagi NATO

Kompas.com - 09/11/2016, 17:11 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Kepemimpinan Amerika Serikat (AS) penting dalam menghadapi tantangan keamanan baru, kata Sekjen NATO Jens Stoltenberg, Rabu (9/11/2016).

Stoltenberg mengungkapkan hal itu setelah menyampaikan ucapan selamat kepada Donald Trump, Presiden AS terpilih, hasil pemilu yang amat mengejutkan dunia pada Selasa (8/11/2016).

"Kami menghadapi lingkungan keamanan baru yang menantang, termasuk perang hybrid, cyber attacks, dan ancaman terorisme. Kepemimpinan AS sangat penting," kata Stoltenberg.

"Saya berharap untuk bekerja dengan Presiden AS terpilih, Donald Trump," tambahnya, seperti dilaporkan Agence France-Presse.

Trump telah memicu kekhawatiran selama 18 bulan masa kampanye ketika ia menyarankan Washington berpikir ulang memberikan bantuan kepada sekutu NATO.

Ditanya tentang pernyataan ini, Stoltenberg mengatakan, "Semua sekutu telah membuat komitmen serius untuk membela satu sama lain, ini mutlak dan tidak berkondisi."

"Jaminan keamanan ini penting untuk Eropa, tetapi mereka juga penting bagi Amerika Serikat," katanya.

Sekjen NATO juga ingat bahwa satu-satunya bagi NATO ialah memberi garansi keamanan "semua untuk satu, satu untuk semua", yang muncul setelah serangan nine eleven di AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com