Kompas.com - 09/11/2016, 15:38 WIB
EditorPascal S Bin Saju

NEW YORK, KOMPAS.com — Presiden AS terpilih, Donald Trump, mengatakan, pemerintahan yang akan dipimpinnya siap membangun "kemitraan, dan bukan konflik” dengan negara lain.

Pernyatan Trump disampaikan di depan para pendukungnya setelah hasil pemilu menujukkan dia menang dari rivalnya, Hillary Clinton, Rabu (9/11/2016) dini hari waktu setempat atau siang WIB.

Hasil akhir menunjukkan, Trump menang telak dengan meraih 288 electoral votes dan Hillary hanya memetik 216 electoral votes dari 538 electors, seperti ditayangkan secara langsung oleh CNN, Rabu sore WIB.

“Setiap satu warga Amerika akan memiliki kesempatan untuk mewujudkan potensi dirinya secara penuh,” kata Trump dalam pidato kemenangannya sambil mengaku telah mendapat telepon ucapan selamat dari Hillary, kandidat dari Partai Demokrat.

"Pria dan wanita yang terlupakan di negeri kita takkan pernah dilupakan lagi. Kita bersiap untuk memperbaiki kota-kota dan membangun infrastruktur kita,” katanya disambut tepuk tangan meriah para pendukungnya.

Trump, yang diusung oleh Partai Republik, juga menambahkan, “Kita akan berjalan bersama dengan negara-negara lain yang ingin maju bersama kita.”

“Kita akan membangun hubungan dengan semua orang (dan mencari) kemitraan, bukan konflik (dengan negara-negara lain),” kata Trump yang berdiri di samping keluarga besarnya.

Menurut Trump, "Kita akan memimpikan hal-hal besar untuk negara kita, hal-hal yang membuat kita sukses," kata presiden terpilih itu.

Sebelum Trump muncul di panggung, Mike Pence yang berpasangan sebagai wakil presiden menyatakan, "Ini adalah malam bersejarah."

"Rakyat Amerika telah berbicara, dan rakyat Amerika telah memilih sang juara baru mereka. Amerika telah memilih presiden baru," kata Pence di panggung bersama keluarganya. 

Kata-kata Trump dalam pidato singkatnya itu tampak sejuk, berbeda dari pernyataan dan sikapnya yang diperlihatkan dalam kampanye selama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.