Kompas.com - 09/11/2016, 15:26 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Di saat sebagian rakyat AS masih tertegun dengan kemenangan Donald Trump dalam pemilihan presiden, dunia internasional langsung bereaksi atas hasil tak terduga ini.

Warga Kuba termasuk yang kecewa dengan kemenangan Trump. Pasalnya, Trump pernah mengatakan bakal menghentikan proses normalisasi hubungan AS dan Kuba yang sudah dirintis Presiden Barack Obama.

"Kita harus menghormati apapun keputusan yang akan diambil Trump, tetapi kami tak menginginkan dia menjadi presiden," ujar penduduk kota Havana, Lina Osorio.

"Kami membutuhkan hubungan baik antara kedua negara, kami sangat memperhatikan pemilihan kali ini sama seperti rakyat AS," tambah Lina.

Di Eropa, Menteri Pertahanan Jerman Ursula van der Leyen menyebut kemenangan Trump sebagai "kejutan besar".

Sedangkan anggota komisi luar negeri parlemen Jerman memperingatkan bahwa secara geopoliti dunia kini berada di masa-masa tak menentu.

"Kami sadar sekarang bahwa kami tak tahu sama sekali bagaimana jika suara kemarahan menjadi sosok orang paling berkuasa di dunia," kata anggota parlemen Norbert Roettgen kepada Radio Jerman.

Di saat para pemimpin dunia khawatir dengan kemenangan Donald Trump, kelompok-kelompok sayap kanan dunia justru menyambut baik kehadiran Trump.

Marine Le Pen, pemimpin partai sayap kanan Perancis, National Front langsung menyampaikan ucapan selamat untuk Trump dan "rakyat AS yang bebas".

Pauline Hanson, pemimpin partai sayap kanan Australi, One Nation Party, menyampaikan ucapan selamat kepada Trump saat memenangkan suara di Florida.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.