Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Perekrut Militan ISIS Ditangkap di Jerman

Kompas.com - 08/11/2016, 18:39 WIB

BERLIN, KOMPAS.com – Kepolisian Jerman, Selasa (8/11/2016), menangkap lima orang yang diduga merekrut para pejuang untuk milisi Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah.

Kantor kejaksaan federal Jerman mengungkapkan, kelima orang itu masing-masing warga Irak, Turki, Jerman, Kamerun, dan seorang lagi berkewarganegaraan ganda Serbia dan Jerman, seperti dilaporkan Reuters.

Mereka didakwa hendak mendirikan "jaringan jihad" dengan mencoba untuk merekrut Muslim lainnya di Jerman untuk pergi ke Suriah dan berjuang bersama militan ISIS lainnya di Suriah.

Jaringan itu berhasil menyelundupkan seorang pemuda dan keluarganya ke wilayah yang dikendalikan ISIS di Suriah, kata jaksa. Jaksa tidak merinci lebih lanjut tentang masalah itu.

Sekitar 820 orang telah meninggalkan Jerman dan pergi ke zona perang di Suriah dan Irak.

Para pejabat khawatir, mereka bisa menjadi ancaman potensial bagi keamanan setelah kembali ke Jerman.

Kekhawatiran akan serangan militan meningkat pada Juli lalu setelah terjadi dua serangan terpisah atas nama ISIS yang dilakukan dua pencari suaka. Mereka tewas dalam serangan itu.

Kelima militan terbaru ditangkap dalam sebuah operasi di negara bagian Lower Saxony dan North-Rhine Westphalia.

Menurut jaksa, lima orang itu telah memberikan pelajaran agama kepada calon potensial mereka dengan materi tentang "Islam radikal".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com