Kompas.com - 04/11/2016, 19:15 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BEIRUT, KOMPAS.com - Seorang pemain muda sepak bola yang merumput di liga sepak bola utama Lebanon tewas dalam pertempuran untuk merebut wilayah Aleppo, Suriah.

Sebuah sumber yang dekat dengan kelompok pergerakan Syiah, Jumat (3/11/2016), mengungkapkan informasi itu kepada AFP.

Bintang muda bernama Kassem Shamkha tewas dalam pertempuran melawan kelompok pemberontak Suriah, Kamis kemarin, di barat Aleppo.

Pemain tengah berusia 19 tahun itu berasal dari Burj al-Barajneh, sebuah wilayah di pinggiran selatan Beirut, di mana dukungan untuk kelompok Hezbollah menyebar luas di sana. 

Sejak tahun 2009, Shamkha bermain untuk klub sepak bola Hezbollah Al-Ahed. Kesebelasan ini memenangi empat kali gelar juara nasional di Lebanon, dan terakhir dicapai pada 2015.

Di Lebanon, sebagian besar kesebelasan profesional yang berlaga dalam kompetisi dibiayai oleh partai-partai politik. 

"Dia akan menjadi sejarah tersendiri di klub ini. Sebab, dia sudah menjadi pahlawan bagi kesebelasan ini, sama halnya dia menjadi pahlawan di medan perang, untuk mempertahankan tanah airnya," kata Sekretaris Jenderal Al-Ahed, Mohammad Assi.

"Dia adalah pemain yang sangat bertalenta untuk klub dan untuk Lebanon, tetapi dia pun memilih jalan hidupnya dengan berjihad untuk negaranya," kata dia. 

Ribuan milisi Hezbollah berjuang untuk Presiden Bashar al-Assad di Suriah.

Hezbollah pun tak pernah mengungkapkan berapa banyak anggotanya yang tewas dalam pertempuran. Namun, diperkirakan ratusan orang pejuang Hezbollah terbunuh di Suriah, termasuk sejumlah komandannya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.