Kompas.com - 04/11/2016, 16:00 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com - Pasukan elite Irak yang didukung artileri dan serangan udara mulai masuk ke jalanan kota Mosul, Jumat (4/11/2016). Mereka terlibat perang kota melawan sisa-sisa anggota ISIS yang mempertahankan Mosul.

Pada Jumat (4/11/2016) dini hari, anggota pasukan kontra-terorisme Irak dengan persenjataan lengkap meninggalkan Gogjali, desa terakhir di sisi timur kota Mosul.

Tak berapa lama setelah meninggalkan Gogjali, mereka sudah tiba di sebuah pemakaman yang terletak di sisi kota yang masih dikuasai ISIS.

Sementara, angkatan darat Irak menghujani kawasan Al-Karama yang tak jauh dari lokasi ISIS dengan tembakan tank dan artileri lainnya.

Sementara itu dari udara jet-jet koalisi juga menjatuhkan bom ke lokasi-lokasi ISIS di dalam kota Mosul.

Pekan ini, pasukan Irak dikerahkan ke sisi timur Mosul, yang menjadi garis depan dengan kemajuan paling signifikan dalam pertempuran merebut Mosul yang dimulai sejak 17 Oktober lalu.

Sementara itu, sebagian warga sipil di kota Mosul mencari perlindungan di wilayah timur kota itu yang dikuasai pasukan Kurdi untuk menghindari kekejaman ISIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.